Sunday, October 2, 2016

Perbedaan TV Analog ,TV Digital Dan TV Satelit

Perbedaan TV Analog ,TV Digital Dan TV Satelit sebenarnya dari kalimatnya orang sudah mengerti maksudnya,sedangkan antara TV analog dan TV digital sudah banyak yang tahu,namun yang sering menjadi pertanyaan adalah perbedaan antara TV Digital Dan TV satelit,karena perangkat yang di butuhkan hampir sama.

TV analog adalah TV yang sudah sangat akrab dengan kita sehari hari dan sudah ada sejak jaman nenek moyang kita hanya ada sedikit perubahan dari hitam putih ke berwarna kemudian dari canalVHF beralih ke Canal UHF sampai saat ini tidak ada perubahan lagi.

TV Digital ada 2 macam yaitu TV berbayar dan TV pengganti/peralihan dari TV analog sekarang ini (TV lokal gratisan/tidak berbayar) yang sering muncul dalam perbincangan di masyarakat kita ada yang khawatir kalau pindah ke TV digital nanti gak ada lagi tv gratisan,padahal yang sebenarnya bukan begitu.

TV digital yang di sosialisasikan oleh pemerintah dan sampai sekarang masih gencar di sosialisasikan oleh TVRI adalah TV digital tidak berbayar yang akan menggantikan TV analog saat ini,batasan berahirnya penggunaan tv analog untuk penyiaran /broadcasting sampai pada TH 2020 selanjutnya semua TV sedunia melekukan siaranya menggunakan TV digital.

TV digital berbayar adalah TV kabel berbayar namun penyiaranya tidak langsung melalui satelit sehingga jangkauan sinyalnya masih terbatas, dan di wilwyah tertentu yang tidak terjangkau tidak bisa menikmati siaran TV digital berbayar,dan saat ini sudah banyak TV digital berbayar seperti ini untuk kualitas gambar jernih bagus audio juga bagus.

TV satelit juga ada 2 yaitu berbayar dan tidak berbayar untuk tv satelit yang berbayar sama dengan TV digital brbayar hanya bedanya pada sistem pemancarnya melalui satelit sehingga jangkauanya sangat luas bahkan di daerah terpencil tetap bisa menikmati siaran TV satelit berbayar ini dan canelnya juga bisa ratusan,dengan siaran siaran dari berbagai dunia.

TV satelit tidak berbayar ini juga sudah ada mulai tahun 90an pada saat tv analog beralih ke canal UHF,TV ini sangat terkenal pada saat itu dan sampai sekarang masih bisa kita nikmati dengan antena jaring jaringnya canalnya juga banyak dari siaran siaran lokal sampai berbagai belahan dunia,namun untuk antena jaring jaring sekarang sudah mulai di tinggalkan karena berbagai alasan terutama bentuknya yang terlalu besar dan tidak simpel ,namun sekarang tetap ada penggantinya dengan antena seperti antena satelit berbayar.

Bagaimana co konco saudara saudara sobat sobatku semua tinggal pilih kita sesuaikan dengan finansial kita namun untuk TV digital yang tidak berbayar peralihan dari TV analog mau tidak mau kita harus mengikutinya migrasi ke sana karena batasnya sampai tahun 2020 monggo kita beralih ke TV digital.

Demikian sedikit pengetahuan kami tentang Perbedaan TV Analog ,TV Digital Dan TV Satelit mudah mudahan bermmanfaat bagi kita semua dan yang penting kita membantu pemerintah dalam mensosialisasikan peralihan TV analog ke TV digital agar masyarakat kita tidak kuatir kalau pindah ke TV digital nanti bayar,terima kasih salam sukses.