Thursday, August 20, 2015

Modifikasi Antena Telek menjadi Telek Trek Dengan Tambahan 1 Loading Coil Hutsler

Untuk meningkatkan daya pancar sebuah antena telek yang menjadi kesayangan anda tidak begitu sulit cukup anda Modifikasi Antena Telex Menjadi Telek Trek Dengan 1 Tambahan Loading Coil Hutsler,yang akan kami bagikan  pada artikel kami kali ini.

Apabila kita sudah memiliki antena telex untuk membuat loading coil hutsler yang akan kita gunakan untuk modifikasi antena telex kita harus memilih diameter pipa aluminium yang sesuai(lebih kecil dari pada pipa aluminium/elemen antena telex paling atas)sehingga elemen antena telex trex yang paling atas sangat kecil,namun tidak masalah,tidak mengurangi daya pancar ataupu ricifer kita.

Untuk menghindari agar elemen paling atas tidak terlalu kecil sebaiknya antena telex yang mau di modifikasi kita menggunkan antena telek yang cukup ternama(gasden set) dan pipa aluminium/elemenya lumayan besar  kuat dan kokoh.

Jadi ketika kita tambahi loading hutsler tidak terlalu kecil dan terlihat gagah dan kokoh/tidak melengkung,karena kalau pipa/elemenya terlalu kecil ketika antena telex tidak di modifikasi tidak masalah,akan tetap lurus setelah di modifikasi dengan adanya penambahan loading hutsler yang panjangnya -+160 cm ahirnya antena jadi bengkok/melengkung karena menahan beban dan panjangnya menjadi 2x lipatnya.

Untuk telek trek ini peningkatan daya pancarnya cukup lumayan dan tidak mengurangi kualitas ricivernya karena antena telek memang terkenal dengan kepekaan ricivernya yang bagus sehingga banyak penggemarnya

Cara membuat loading coilnya sama persis dengan cara membuat loading coil untuk antena hutsler seperti terlihat pada gambar di bawah ini,untuk menentukan panjang kawat yang kita gunakan untuk membuat kumparan/loading coil adalah dengan menggunakan rumus 1 lamda,jadi kita tidak usah terpancang berapa jumlah lilitan yang akan kita buat,cukup tentukan diameter kumparan diameter kawat sesuai dengan kebutuhan/semakin besar semakin bagus/kuat.

Untuk sirip atau reflektor tidak kami bahas di sisni karena kita hanya modifikasi tidak membuat dari awal,namun jika ingin membuat dari awal juga bisa semua kebutuhan untuk merakit antena hampir ada di toko elektronika,tetapi setelah kami hitung hitung tenyata biayanya lebih mahal di banding dengan beli antena  telex lalu di modifikasi.                                          
Setelah selesai merakit langsung saja kita setting sesuai chanel yang kita pergunakan,untuk mencari posisi metcing gunakan SWRmeter atau bisa juga di hitung dengan rumus 5/8 lamda yaitu 300;freqwensi kita beroperasi x 5/8=......

Bagai mana kang mas mbakyu mudah bukan hanya dengan sedikit sentuhan/modifikasi dan dengan tambahan biaya yang tidak terlalu banyak antena telek kita lebih terlihat gagah dan tentu dengan daya pancar yang semakin besar.

Baca juga artikel kami dengan judul di bawah ini
Cara Membuat Antena HUTSLER Jowo HARJO Lengkap Dengan Rumusnya demikian artikel tentang Modifikasi Antena Telek Trek Dengan Tambahan 1 loading Coil Hutsler kami kali ini mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua dan bagi yang membutuhkan terima kasih dan wassalam.