Friday, August 21, 2015

Cara Reparasi Magic Com Mati Total Sebelumnya Nasi Sering Gosong

Peralatan masak yang satu ini memang sangat membantu dan sangat menghemat waktu,karena menanak nasi bisa di tinggal mengerjakan kegiatan lain,maka ketika Magic Com kita rusak kegiatan yang lain bisa ikut terganggu untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan anda tentang Cara Reparasi Magic Com Mati Total Sebelumnya Nasi Sering Gosong.

Bagi yang ingin bongkar bongkar sendiri bisa membaca artikel kami sambil praktik,sebenarnya cara kerja Magig Com sederhana yaitu sebuah elemen pemanas dengan daya listrik sekitar 350 sampai 400 watt yang cukup untuk menanak nasi,kemudian sebagai otomatisnya ada 3 buah.

Dengan adanya otomatis yang di miliki Magig Com maka menanak nasi jadi lebih praktis tinggal masukkan beras ke panci tambah air secukupnya lalu colokkan listrik dn nasi matang dengan sendirinya

* Otomatis no 1 namanya rice switch dengan bahan plat dan ada magnet di dalamnya seperti gambar di samping,cara kerja otomatis ini adalah ketika panci masak(teflon)yang bersentuhan langsung dengan otomatis ini mencapai suhu tertentu maka kemagnetan akan hilang dan dan magnet terlepas dari panci lalu menekan pada switch on off sehingga memutuskan aliran listrik 220 dan memasak selesai.

* Yang ke 2 adalah sama dengan no 1 yaitu rice switch yang berfungsi untuk memutus arus listrik 220 pada posisi warm(penghangat)bahanya juga dari plat dan magnet,ketika panas panci mencapai suhu tertentu sekitar 70 *cc sampai 80*cc maka otomatis ini bekerja dan penghangatan selesai begitu pula apabila suhu panci turun melebihi batas yang tertera pada otomatis ini maka otomatis akan bekerja menghubungkan kembali ke arus listrik 220.

* Otomatis yang ke 3 adalah termo fuse (sekering panas)termo fuse berbentuk bulat panjang sekitar 1,5cm seperti terlihat pada gambar paling bawah,termo fuse  ini berfungsi sebagai pengaman apa bila ke 2 otomatis di atas tidak bekerja sehingga nasi gosong,maka sebagai pengaman termo fuse putus dan tidak bisa menyambung kembali karena ini adalah fuse(sekering) sekering ini biasanya suhu yang tertera adalah 150*cc sampai 160*cc,sekering ini putus ketika panas panci melebihi suhu yang tertera sehingga tidak terjadi kebakaran.

Langsung saja Magig Com  kita bongkar dengan melepas 3 baut yang berada pada bagian bawah,ada juga yang hanya 1 baut trus di congkel sedikit pakai obeng setelah terbuka karena kerusakanya mati total berarti kita langsung cek termo fuse dengan multi tester apakan masih tersambung atau tidak,apa bila tidak terhubung berarti rusak langsung ganti dengan yang baru dengan tipe yang sama biasanya 10amper 165*cc,tidak harus persis asalkan tidak terlalu jauh spesifikasinya. .

Selanjutya kita coba hubungkan dengan stop kontak dan magig com nyala,langkah berikutnya kita coba menanak nasi setelah matang seharusnya saklar memasak terputus secara otomatis,jika tidak putus dan ahirnya nasi gosong berarti otomatis yang kami jelaskan pertama kali(rice switch) tidak bekerja bisa kemagnetanya yang hilang permanen,untuk mengatasinya ganti dengan yang baru.

Selmat mencoba pokoknya sangat mudah dan menyenangkan sekedar untuk refresing melakukan kegiatan selain rutinitas yang menjemukan dan untungnya lagi peralatan masak kita bisa di gunakan lagi tanpa harus ke bengkel hee...hee....

Sampai di sini dulu kami berbagi tentang Cara Reparasi Magig Com Mati Total Sebelumnya Nasi Sering Gosong mudah mudahan bermanfaat dan dapat membantu bagi yang membutuhkan terima kasih wassalam.