Thursday, August 20, 2015

Cara Reparasi TV Tepi Gambar Tidak Rata/ Tidak Lurus Seperti Gigi Gergaji

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan sobat semua tentang Cara Reparasi TV Tepi Gambar Tidak Rata/Tidak Lurus Seperti Gigi Gergaji,kerusakan ini kadang oleh si pemilik TV di anggap kerusakan yang sepele dan bisa cepat di atasi oleh semua tukang servis namun kenyataanya tidak demikian,tidak sedikit tukang servis yang gagal ketika mereparasi TV dengan gangguan /kerusakan seperti yang akan kami ulas kali ini.

Sebenarnya TV yang kami reparasi kali ini kerusakanya adalah mati total/tidak ada tanda tanda kehidupan sama sekali led indikator juga tidak nyala,untuk itu sekalian kami ulas di sini karena masih satu TV yang sama,untuk memulai kita lakukan pengecekan  pada tegangan 220volt dari pln apakah masuk atau tidak,kalau masuk kita cek tegangan dc 300volt hasil penyerahan dari tegangan 220 volt,jika tegangan dc 300volt ada lepaskan steker dari stop kontak.

Langkah berikutnya kita cek apakah tegangan 300volt masih ful kalau masih ful berarti switcing belum bekerja sama sekali,berarti kerusakan masih di sekitar kumparan travi primer,langsung saja kita cek tegangan bias untuk transirtor driver regulator sekitar 12 volt,jika tidak da berarti kerusakan pada 2 buah resistor  120k ohm yang terhubung seri  dengan tegangan 300volt,setelah kami ganti 2 buah resistor tersebut dan kami coba switching sudah bekerja dengan baik.

Sambil kami mencoba TV kami amati gambarya ternyata tidak linier/tidak sempurna seperti terlihat pada gambar di samping,coba kita amati dengan teliti maka gambar terlihat  tidak rata/tidak lurus dan yang paling terlihat adalah bagian tepi gambar bergerigi seperti gigi gergaji.

Kerusakan seperti ini biasanya sudah lama namun si pemilik kurang memperhatikan padahal sebenarnya tidak nyaman untuk di tonton,dan biasanya di sertai suara mendesing yang keluar dari travo switching yang juga sedikit mengganggu telinga kita,jika kerusakan gambar semakin parah maka suara mendesingnya juga semakin keras sehingga bisa sangat mengganggu

Untuk mencari kerusakan ini memang tidak mudah karena kami juga pernah gagal,apa lagi TV yang kita kerjakan masih tergolong baru jadi untuk mencari kapasitor yang rusak dengan melihat fisiknya cukup kesulitan,untuk itu kami gunakan alat buatan kami sendiri yaitu ESR meter yang sangat membantu pekerjaan kita,dengan alat ini kita bisa cek kapasitor langsung di pcb tanpa harus melepas komponen satu persatu.

Setelah cukup banyak kapasitor yang kami cek ahirnya kami menemukan 2 buah kapasitor yaitu 100mf/35volt dan 470mf/16volt yang nilai ESRnya meningkat dari yang seharusnya ohm menjadi 1 ohm ,selisih yang hanya sedikit ini ketika kita cek dengan multi tester tidak akan terlihat,dan di lihat dari fisiknya juga masih bagus seperti gambar di samping.

Kapasitor ini berada pada blok power suply 12 volt yang untuk menyuplay chroma/oscilator vertical maupun horizontal juga termasuk untuk mensuplay IC program,ini hampir sama pada semua merk TV hanya saja letaknya yang berbeda,dan gangguan yang terjadi pada gambar juga sama gambar terlihat bergerigi seperti gigi gergaji ketika tegangan 12 volt tidak sempurna dalam filterntya(masih terdapat tegangan ac).

Langkah berikutnya adalah mengganti kapasitor  100mf dan 470mf dengan yang baru setelah kami ganti maka gambar kembali normal tidak bergerigi lagi dan suara mendesing juga hilang,dan biasanya si pemilik akan merasa lebih senang ketika TVnya bisa kembali normal,yang perlu di ingat gunakan ESRmeter seperti yang kami lakukan dan baca juga cara membuat ESRmeter sendiri,kenapa kami sarankan artikel ini???karena alat ini sangat sangat membantu kita dalam mereparasi peralatan elektronika,terutama untuk pengecekan kapasitor.

Demikian artikel yang dapat kami bagi kali ini tentang Cara Reparasi TV Tepi Gambar Tidak Rata/Tidak Lurus Seperti Gigi Gergaji mudah mudahan artikel ini dapat membantu bagi yang membutuhkan dan bermanfaat bagi kita semua terima kasih dan sampai ketemu pada artikel kami berikutnya.


Cara Merakit ESR Meter Sendiri Dengan Biaya Murah ... teknikuiki.blogspot.com/.../cara-merakit-esr-meter-sendiri-dengan.html 3 Agt 2015 - ... Cara Merakit ESR Meter Sendiri Biaya Murah Mudah Dan Pasti Jadi ... sampai rp50.000,-kita sudah bisa membuat dan memiliki ESR meter.