Saturday, August 20, 2016

Cara reparasi TV LG Ultra Slim 21FU3RL Lebar Gambar Sisi Kanan Kurang 4cm

Kali ini kami punya pengalaman yang unik dan langka karena kasus ini sangat jarang terjadi Yaitu Cara Reparasi TV LG Ultra Slim Lebar Gambar Sisi Kanan Kurang 4cm,namun tetap lurus tidak ada yang melengkung baik sisi kiri kanan atas dan bawah,kenapa kasus ini kamu anggap unik dan langka???karena biasanya kerusakan semacam ini gambar berkurang ke 2 sisi kiri maupun kanan.


Melihat gejala/tanda tanda yang timbul kami langsung menguprek rangkaian yang berfungsi untuk melebarkan gambar yaitu EW/OW rangkaian ini untuk TV LG biasanya terdidi dari IC kecil 8 pin sebagai drivernya dan transistor FET sebagai finalnya namun untuk TV LG Ulra Slim tipe ini drivernya menggunakan transistor fet dan sasaran operasi kami langsun pada transistor tersebut kami tes satu demi satu sampai semua kami tes dan hasilnya nihil/semua transistor fet kondisi baik.

Berikutnya kami menyisis kapasitor pada rangkaian EW terutama elco langsung kami ganti dengan yang baru tidak luput pula dioda juga zener semua kami tes dengan telaten karena komponennya kecil kecil sehingga butuh ketelatenan dan hati hati agar main board tidak rusak,langkah inipun juga belum membuahkan hasil karena kami tidak menjumpai komponen yang kami curigai /rusak.

Langkah kami yang ke tiga kami mulai mencurigai kerusakan pada bagian Eprom karena ada data yang berubah/tidak sesuai lagi maka kami membuka menu servis mode untuk melihat data yang ada Caranya TV kondisi on kita tekan menu pada remot 2x dan tahan sambil menekan menu pada panel TV setelah muncul servis mode untuk nafigasi/ merubah halaman tekan menu,kemudian kami lihat data sambil mencoba merubah bagian EW di tambah dan di kurangi sambil melihat reaksi pada layar ternyata juga nihil,layar/gambar tidak berubah sedikitpun meski data kami tambah dan kurangi.

Cukup melelahkan memang karena kami mengerjakan TV ini sampai beberapa hari dan kami  juga menjumpai jalan buntu,sambil berfikir kami buka buka blog teman teman seprofesi kami sebagai tukang servis dan ternyata sampai pusing kepala juga tidak menemukan kerusakan seperti yang kami alami kali ini.

Minum bodrek dulu untuk ngobati pusingnya hee   heee   heee... langkah terahir sebagai ajian pamungkas kami keluarkan dengan menggunakan indera ke enam/alias meraba raba yaitu TV kami on kan sambil kami amati gambar barang kali ada ada yang cacat sedikit karena sekilas gambar terlihat sempurna,setelah TV on selama kurang lebih 20 menit kami raba hetsing/plat pendingin pada bagian horizontal out put ternyata juga tidak panas sedangkan bagian vertical lebih panas dan kondisi ini normal,karena biasanya vertical memang sedikit lebih panas.

Kemudian kami lihat dan cermati defleksi yoke sambil kami raba untuk mendeteksi panasnya dan ternyata defleksi bagian atas lebih panas dari pada defleksi yoke bagian bawah dan kami amati secara cermat ternyata gambar di bagian atas ada bayangan seperti penggantian defleksi yoke tidak asli.

DEngan langkah terahir kami mulai ada titik terang karena kami mulai mencurigai defleksi yoke meskipun dalam hati kami tidak begitu yakin karena yang kami alami selama ini apa bila defleksi rusak/terbakar TV mati total atau protek atau gambar hanya terlihat kotak kecil di tengah layar dan biasanya tidak linier berbentuk bantal,untuk lebih meyakinkan kami ukur impedanci defleksi yoke bagian horizontal ternyata benar nilainya 10 ohm padahal seharusnya 2 sampai 4 ohm saja,kemudian defleksi yoke bagian vertical juga kami ukur impedancinya 6 ohm karena memang kumparan vertical lebih banyak dan lebih panjang.
Ahirnya kami mantab dan yakin bahwa kerusakan pada defleksi yoke maka defleksi kami lepas dan ternyata seperti terlihat pada gambar di samping yaitu gosong pada bagian atas dan bagian bawahnya masih bagus,kerja keras kami ahirnya membuahkan hasil meskipun harus pusing pusing dahulu.

Defleksi yoke kami ganti dan hasilnya ok gambar kembali normal tidak kurang lebar sebelah kanan lagi dan siap kami kabarkan pada pemiliknya untuk segera di ambil agar ruang kerja kami lebih longgar.

Demikian pengalaman kami yang dapat kami bagikan kali ini tentang Cara Reparasi TV LG Ultra Slim 21FU3RL Lebar Gambar Sisi Kanan Kurang 4cm mudah mudahan bisa bermanfaat dan menginspirasi teman dan sobat dalam bekerja jangan putus asa karena jalan keluar selalu ada terima kasih salam sukses.