Saturday, August 20, 2016

Cara Reparasi TV LG LED 32LS3400 Mati Total

Kali ini kami akan berbagi pengalaman tentang Cara Reparasi TV LG LED 32LS3400 Mati Total meskipun kerusakan ini sering kali kita jumpai dalam praktik mereparasi namu tidak ada jeleknya kami berbagi sekedar tukar pengalaman karena dengan demikian kita lebih cepat dalam mengambil kesimpulan dan memecahkan suatu masalah.


Sebelum kita mulai membongkar keselamatan benda kerja harus kita perhatikan karena jika terjadi kelalaian yang fatal kita juga yang menanggung apa lagi TV LCD/LED yang sangat riskan terutama bagian layar sangat rentan rusak dengan benturan sedikit saja,maka harus di persiapkan tempat yang benar benar rata dan terbebas dari kotoran seperti mur/baut/kerikii atau peralatan reparasi kita seperti obeng dll ,kemudian kita posisikan tengkurap layar di bawah baru kita mulai membongkar baut covernya.

Langkah selanjutnya kita lansgsung ke titik permasalahan saja karena rusaknya mati total berarti kemungkinan besar power suply tidak bekerja entah apa penyebabnya,karena tidak ada tanda tanda kehidupan sama sekali maka pertama kali kami cek fuse/sekering utama dan ternyata putus selanjutnya sekring sementara kami jamper dengan serabut kabel 3 helai.

Sebelum kami mecoba untuk menghidupkan TV semua socet output kami lepas terlebih dulu baik yang mensuply Mpeg dan yang mensuply lampu led untuk lebih amanya setelah socet kami lepas TV kami hidupkan dan ternyata listrik kami langsung down dan ada percikan api pada hetsing /pendingin transistor fet.

Karena kami duga ada komponen yang korselet kamipun mulai mememeriksa satu demi satu komponen baik di bagian primer maupun bagian sekunder dari trafo power suply dan kami tidak menjumpai adanya komponent yang korselet ahirnya tr fet dan hetsing kami lepas dan kami tes posisi di luar mainboard ternyata juga bagus.

Selanjutnya kami hidupkan tanpa memasang transistor fet ternyata masih sama listrik down dan di dekat posisi hetsing ada percikan api yang membikin kaget setelah kami teliti ternyata ada capasitor keramik yang nilainya 741 pecah yang posisinya di dekat hetsing( C102 )seperti terlihat pada gambar di samping.

Setelah capasitor kami lepas dan kami tes dengan multi tester dengan skala 10kohm terlihat kebocoran yang cukup tinggi yang mengakibatkan korseleting pada power suply,kebocoran semacam ini apa bila di tes dengan skala 1ohm atau 10ohm tidak terbaca kebocoranya.

Selanjutnya capasitor kami ganti dan tr fet beserta hetsing kami pasang pada posisi semula dan TV kami hidupkan dan hasilnya tidak korselet lagi kemudian socet mpeg dan lampu led kami pasanga dan TV kami hidupkan lagi ternyata jreennngg normal baik gambar maupun suaranya .

Demikian pengalaman kami tentang Cara Reparasi TV LG LED 32LS3400 Mati Total mudah mudahan bermanfaat dan bisa mem,bantu bagi yang membutuhkan terima kasih salam sukses .