Saturday, September 3, 2016

Cara Reparasi TV Polytron Tidak Bisa Menerima Siaran TV Hanya Gambar Semut Saja

Kali ini kami akan berbagidebgan sobatku semua tentang Cara Reparasi TV Polytron Tidak Bisa Menerima Siaran TV Hanya Gambar Semut Saja,kerusakan semacam ini biasa terjadi pada semua merk Tv dan juga semua Tipe TV terutama yang paling sering kami jumpai adalah pada TV keluaran lama sekitar tahun 90 an namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada TV yang relatip baru atau tahun 2000 ke atas.
TV yang kami kerjakan kali ini oleh pemiliknya sudah di gonta ganti antena,dan cara ini memeng cara yang paling masuk akal/logis karena yang dapat membantu untuk menerima siaran TV adalah antena,sebagaimana kalau ada orang memiliki TV mati total pasti yang di bayangkan adalah putus sekeringnya (fuse) padahal sekering putus pasti ada penyebabnya ,karena sekering adalah alat/komponent yang berfungsi sebagai pengaman.

OK langsung saja kita ke pokok permasalahan yaitu reparasi TV polytron yang tidak bosa menerima siaran TV,kerusakan seperti ini bagi tukang servis sangat mudah dan perkiraanya tidak akan meleset jauh yaitu hanya seputar tuner atau IF,karena bintik bintik/gambar seperti semut terlihat jelas dan kontras kemungkinan besar IF aman dan kita hanya akan menguprek sekitar tuner saja.

Langkah pertama kita siapkan multi tester untuk mengukur tegangan pada masing masing pin tuner antara lain B+vcc 12v0lt (untuk TV lama) 9volt atau 5 volt untuk TV baru termasuk TV cina   tegangan VT 33volt    tegangan AGC sekitar 6 volt.

Setelah semua catu daya pada masing masing pin tuner kami cek ternyata semua ok hanya satu yaitu tegangan AGC tidak ada alias nol ,selanjutnya kita cari penyebabnya resistor sekitar tuner ternyata tidak ada yang bermasalah untuk mempersingkat waktu karena sudah pusing memandangi komponen yang kecil kecil maka kami ambil jalan pintas yaitu kami ambil tegangan 5 volt dari B+ 12volt dan kami drop dengan resistor 1 Kohm seperti terlihat pada gambar di bawah.

Selanjutnya kami ukur tegangan AGC sekitar 7 volt dan TV kami hidupkan dan jreeeng gambar nya bening semutnya sudah pada kabur semua namun untuk catatan jika tegangan B+ 12 volt atau 9volt kita gunakan resistor antara 5k6 sampai 10k dan jika tegangan B+ 5volt kita gunakan resistor 1k sampai 2k saja.

Cara ini untuk cadangan saja apa bila kita sudah pusing mencari penyebab kerusakan tidak ketemu ,karena dengan cara ini AGC automatic gain control jadi bukan automatic lagi.

Demikian artikel yang dapat kami bagikan kali ini tentang Cara Reparasi TV Polytron Tidak Bisa Menerima Siaran TV Hanya Gambar Semut Saja mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua terima kasih salam sukses.