Monday, August 8, 2016

Cara Reparasi TV Sanyo Protec Dengan IC Laba Laba LV761132C

Bicara soal protek memang ada saja permasalahan yang timbul akibat dari protector yang kadang membuat pusing para tukang servis seperti pengalaman kami kali ini tentang Cara Reparasi TV Sanyo Protec Dengan IC Laba Laba LV761132C,gejala yang timbul akibat protek pada TV sanyo yang sedang kami kerjakan ini adalah TV di ONkan mau start setengah menit gambar terlihat normal tidak ada cacat sedikitpun begitu pula suaranya juga ok ok saja,namun setelah 30 detik TV mati Stanby lagi.

Kami coba berulang kali juga tetap sama untuk mengawali reparasi seperti biasa kami ukur semua tegangan pada semua test point dan tidak kami temukan kejanggalan semua tegangan pas sesuai kebutuhan masing masing selanjutnya kami sambil melihat lihat barang kali ada elco yang bodong /menggelembung namun juga tidak kami jumpai.


Selanjutnya kami menyisir semua rangkaian sambil kita mensolder ulang karena banyak sekali pcb yang terlihat kuning kecoklatan karena terkena panas,setelah hampir merata TV kami hidupkan dan tetap sama ,kemudian kami coba membuka satu persatu protector pada TV sanyo yaitu mulai dari sensor heater kami lepas D468 dan D476 lalu TV kami Onkan masih tetap sama.

Berikutnya kami lepaskan protec IC vertical Yaitu transistor Q501 TV kami ONkan masih tetap sama,selama ini yang paling sering kami jumpai dalam reparasi adalah protec pada vertical dan protec heater TV sudah bisa star dan tidak mati mati lagi.

IC Eprom/memori juga sempat menjadi sasaran kami ,kami coba mengganti IC Eprom namun juga tidak membuahkan hasil alias sama protek belum bisa terbuka.

Langkah selanjutnya kami Lepas D684 dan D685 namun setelah kami coba on kan TV masih sama dan kami sudah kehabisan bahan karena protector sudah kami buka semua,ahirnya kami coba browsing untuk mencari referensi dan kami membuka skematic diagram untuk IC LV761132C dan kami benar mendapatkan referensi yaitu pin 29 yang menjadi kunci dari semua protector harus mendapatkan suply 5 volt.

Setelah kami ukur pada pin 29 ternyata hanya sekitar 4 volt untuk menstabilkan 5 volt kami mencoba improfisasi,kami mesuntikkan tegangan 5vol ke pin 29 yang kami ambil langsung dari catu daya 5volt seperti pada gamabar di samping(jamper kabel berwarna merah),selanjutnya TV kami ONkan dan ternyata berhasil.

TV kami hidupkan sampai berjam jam dan tidak mati mati lagi,mungkin cara kami seperti ini banyak yang tidak setuju namun apa boleh buat ini jurus terahir kami heee...heee...

Kami juga nggak habis pikir begitu banyak protek pada TV jaman sekarang yang fungsinya juga menurut kami kurang efektif,karena kalau untuk memproteksi agar TV awet ternyata TV sekarang tidak ada yang awet bahkan TV jaman dulu yang tanpa protector malah awet tidak gampang rusak.

Demikian artikel yang dapat kami bagikan kali ini tentang Cara Reparasi TV Sanyo Protec Dengan IC LV 761132C Mudah mudahan bermanfaat dan mungkin juga bisa jadi jurus terahir seperti kami ,terima kasih salam sukses.