Friday, August 5, 2016

Cara Reparasi TV Sanyo Suara Normal Gambar Tidak Ada

Kali ini kami akan berbagi tentang Cara Reparasi TV Sanyo Suara Normal Gambar Tidak Ada,meskipun kerusakan semacam ini sudah sering kami ulas namu kali ini kami menjumpai kerusakan lain yang menurut perhitungan kami sangat jarang terjadi.

Kerusakan semacam ini bisa terjadi pada semua merk TV terutama TV keluaran di atas tahun 2000 atau yang kabanyakan casing berwarna silver,kenapa demikian karena pada TV lama kami sama sekali belum pernah menjumpai kerusakan semacam ini dalam mereparasi TV



Langsung saja kita mulai pemeriksaan sebagaimana biasa kita awali dengan pengecekan tegangan di masing masing test poin,namun sebelumnya kita putar pengaturan screen searah jarum jam /di perbesar sedikit untuk melihat kondisi sebenarnya

Setelah screen kami per besar sedikit maka terlihatlah sebuah garis mendatar yang menandakan kerusakan terjadi pada bagian rangkaian vertical,yang tentu saya akan mempermudah dan mempersempit lokasi pemeriksaan kita kali ini.

Selanjutnya kita cek tegangan masing masing test poin terutama yang harus kita pastikan adalah pada suply vertical yaitu 24volt,setelah kami ukur ternyata tegangan pas 24 volt,karena kerusakan semacam ini kami anggap spele langsung saja kami ganti IC vertical LA78040 dengan yang baru dan hasilnya ternyata tidak ada perubahan tetap hanya nampak satu garis mendatar.

Langkah berikutnya kami mulai menyisir cirkuit sambil kita mensolder ulang seluruh rangkaian vertivcal,tak luput pula kami mengecek oscilator vertical yaitu sekitar 1 volt AC yang artinya oscilator vertical juga ok,kemudian elco kopling yang mau ke defleksi yoke juga langsung kami ganti namun hasilnya masih nihil.

Karena sudah mentok tidak punya jalan keluar lagi ahirnya yang kami pikir kemungkinannya sangat kecil juga kami lakukan yaitu mengecek defleksi yoke dengan multi tester dengan skala x1 ohm dan hasilnya sangat mengejutkan ternyata defleksi yoke tidak terhubung sama sekali,padahal impedanci seharusnya sekitar 12 ohm sampai 16 ohm.

Kerusakan seperti ini berarti ke dua buah kumparan putus semua,karena kalau putusnya salah satu saja maka akan terlihar gambar seperti jaring laba laba sebagaimana yang telah kami posting terdahulu,kalau kerusakan semacam ini sering kali terjadi.

Tanpa panjang lebar solusi sudah jelas di depan mata langsung saja defleksi yoke vertical kami bongkar dan ternyata benar ke dua buah kumparan putus semua,setelah terbongkar salah satu kumparan terlihat korosi dan putus di bagian agak luar sehingga tidak banyak membongkar kumparan hanya sekitar 3 lilit saja.

Sedangkan kumparan yang satunya lagi juga nampak ada korosi terlihat putih dalam gambar di samping namun di bagian paling dalam yang bersentuhan langsung dengan keren/ferit sehingga harus membongkar seluruh kumparan sekita 500 sampai 600 lilit.

Memang cukup melelahkan  seperti gambar di samping kawat tembaga yang kami lepas dari kumparanya seperti benang kusut, namun apa boleh buat pekerjaan harus kelar dan meminimalisir pengeluaran dengan hasil yang maksimal.

Sebenarnya kalau mau mudah dan cepat kita bisa langsung membeli yang baru dan menggantinya namun pengalaman kami hasilnya tidak linier/kurang memuaskan,biasanya ada cacat bagian pojok layar warna ngemblok seperti terkena magnet dan garis tepi gambar ada bayanganya(antara warna merah -hijau-biru)tidak center yang seharusnya satu titik  tetapi bergeser sedikit.

Setelah selesai membongkar semua lilita dan kami buang bagian yang korosi selanjutnya kami gulung kembali satu demi satu kumparan meskipun kurang rapi dan melelahkan namun ahirnya selesai juga ,selanjutnya kumparan kami pasang lagi seperti semula menjadi defleksi yoke lagi,dan setelah kami ukur kembali impedansinya sekitar 16 ohm.

Selanjutnya defleksi yoke kami pasang ke tabung dan kami paskan seperti semula dan TV kami ONkan dan hasilnya cukup memuaskan gambar normal suara juga tetap ok,demikian artikel yang dapat kami bagikan kali ini tentang Cara Reparasi TV Sanyo Suara Normal Gambar Tidak Ada mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua terima kasih salam suklses.