Friday, September 30, 2016

5 Tips Cara Memperbaiki Mesin Pompa Air Dengan Cepat

Inilah 5 Tips Cara Memperbaiki Mesin Pompa Air Dengan Cepat yang akan kami ulas berdasarkan pengalaman kami,pompa air dengan berbagai merk maupun spesifikasinya yang sangat terkenal dengan nama sanyo,apapun merknya terutama orang jawa dan sekitarnya,seperti menyebut motor merk apapun namanya honda,itu semua karena saking terkenalnya merk sanyo dan sebagai pendahulu mesin pompa air sebelum munculnya merk merk lain.
Pompa air adalah salah satu perangkat elektrik yang sangat di butuhkan hampir setiap rumah tangga karena kebutuhan air adalah kebutuhan yang sangat fital dan harus di penuhi setiap saat,maka dengan macetnya pompa air akan sangat mengganggu ,bagai mana kalau kita perbaiki sendiri dengan mengikuti langkah langkah yang akan kami uraikan di bawah ini??? atau nunggu tukang servis pompa air namun kebutuhan air kita harus tertunda.???

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mendeteksi/memeriksa di mana letak kesalahan /kerusakan dan cara ini tidak perlu alat kusus cukup dengan panca indera kita,pertama tama kita dengarkan apakah ada suara berdengung dari mesin pompa air atau tidak kalau ada matikan dulu MCB pada kwh meter demi keselamatan,kemudian kita cek kipas pendingin pada mesin pompa air apakah keras /tidak bisa berputar ??


Kalau keras coba di putar putar berulang kali sampai mudah/enteng putaranya kalau perlu pada laker kita beri pelumas,biasanya kasus seperti ini terjadi pada mesin pompa air yang sudah lama di gunakan,jika mesin pompa belum lama biasanya ada sesuatu yang mengganjal kipas penghisap,biasanya pasir atau kerikil kecil atau juga karena karatan,dengan cara ini kalau permasalahanya karena tidak berputar dan keras biasanya sudah berhasil.

Selain Kita dengarkan suara berdengung biasanya kalau arus listrik masuk tapi mesin pompa air tidak berputar maka bodi mesin akan panas,untuk mendeteksinya bisa kita raba atau cukup di dekati dengan tangan kita maka akan terasa hangat.

Apabila kipas pendingin kita putar ringan tidak keras kita melangkah ke tahap berikutnya yaitu kita cek capasitor biasanya berbebtuk silinder dan posisinya nempel pada mesin pompa air,untuk langkah ini jika tidak ada alat untuk mengetesnya(kapasiance tertsr /multi tester) kita bisa mengetesnya tanpa alat caranya capasitor kita lepas kemudian ke dua ujung kabel kita colkkan ke stop kontak/terminal listrik 220 v sebentar saja kemudian ke dua ujung kabel kapasitor kita sentuhkan jika ada percikan api besar berarti capasitor masih bisa menyimpan arus (masih bagus) apa bila tidak ada percikan api berarti capasitor rusak "perhatian setelah capasitor kita colokkan ke terminal listrik 220 jangan sampai kita menyentuhnya karena akan tersengat/terkena kejutan listrik"

Biasanya kapasitor yang rusak bodinya menggelembung bahkan pecah dan dengan kerusakan yang terjadi pada kapasitor maka mesin kemasukan arus listrik tetapi tidak berputar sehingga mesin juga akan panas sebagai mana kasus di atas.

Selanjutnya jika tidak ada suara berdengung dan mesin pompa air tidak panas maka langkah kita selanjutnya adalah mengecek aliran arus listrik apakah sampai ke mesin pompa air atau tidak caranya kita gunakan tespen,jika tespen juga tidak ada mak kita langsung cek sambungan sambungan kabel karena pompa air posisinya di letakkan di tempat lembab maka kemungkinan besar sambungan kabel korosi sehingga kabel tidak terhubung dengan baik bahkan putus sama sekali.

Sebagaimana pengalaman kami kali ini yaitu sambungan kabel korosi akibat sering terkena air meskipun sudah di beri isolasi,karena kualitas kabel saat ini banyak yang kurang bagus (bahan serat kabel bukan tembaga melainkan aluminium atau seng )sehingga mudah korosi seperti terlihat pada gambar di atas kasus seperti ini sering kali terjadi.

Apa bila sambungan sudah kita cek dan sudah di perbaiki namun mesin pompa air tetap tidak berputar apa bila mesin pompa air kita menggunakan switch otomatis maka switch otomatis kita lepaskan dulu kemudian arus listrik kita sambung langsung ke mesin pompa air tentu jangan lupa metikan dulu aliran listriknya.

Jika langkah ini mesin pompa air mau berputar berarti kerusakan pada switch otomatisnya,solusinys kita biarkan mesin pompa air hidup untuk mengisi air secukupnya sambil menunggu kita belikan switch otomatisnya.

Apabila langkah langkah di atas sudah kita lalui satu demi satu namun tetap belum berhasil berarti kerusakan terjadi pada motor mesin pompa air tersebut bisa putus spulnya dan yang sering terjadi adalah putus spul/lilitan bagian lilitan bantu yang terhubung dengan capasitor namun untuk memperbaikinya butuh keahlian kusus ketelatenan maka solusi terbaik menurut kami adalah kita beli mesin pompa air yang baru.

Jika sudah di ganti mesin pompa air yang baru masih nggak mau jalan berarti kemungkinan pulsa listrinya habisss heee....heeee....heee.. bercanda tips ini kami ulas di sini karena tidak semua orang memiliki peralatan untuk mendeteksi kerusakan peralatan listrik /elektronika,namun tanpa alat tester kita tetap bisa mengutak atik peralatan elektrik.

Bagaimana sob mudah mudahan artikel kami kali ini tentang Tips Cara Memperbaiki Mesin Pompa Air Dengan Cepat bisa memberi pencerahan dan bermanfaat bagi kita semua terima kasih salam sukses.