Thursday, September 22, 2016

Sekilas Info Peralihan TV Analog Ke TV Digital

Hallo sobat sobatku semua semoga saat ini dalam  keadaan baik baik semua ,sehat semua,rezeki lancar dan barokah pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi sedikit tentang Sekilas Info Peralihan TV Analog Ke TV Digital,info ini sebagai gambaran singkat tentang era digital yang semua serba digital termasuk salah satunya adalah penyiaran TV yang tidak lama lagi TV analog akan bealih ke TV digital,dan pada ahirnya mau tidak mau kita juga harus mengikutinya.
Apakah TV analog itu????;TV analog adalah TV yang selama ini kita nikmati siaranya dari mulai nenek moyang kita ,ketika kita menoleh ke belakang perkembangan TV pada jaman dahulu mulai dari TV monochrom/hitam putih kemudian menjadi TV berwarna dengan segala kerumitanya karena banyak sekali komponen yang harus kita pelajari.

TV analog dalam melakukan siaranya adalah memancarkan beberapa freqwensi sekaligus yaitu gelombang am(amplitudo modulasi)sebagai freqwensi pembawa gambar dan Gelombang FM sebagai freqwenai pembawa suaranya sedangkan cepat rambat antara gelombang AM dan FM berbeda sehingga di butuhkan delai untuk menyamakan antara suara dan gambar ketika di terima oleh TV kita.

Dengan demikian TV analog membutuhkan lebar pita/bandwith yang cukup lebar untuk satu canel saja yaitu 8 mhz sehingga tv analog tidak bisa memuat banyak chanel sedangkan untuk TV digital lebar pita/bandwith 8 mhz bisa di gunakan 6 sampai 8 canel bersamaan dengan siaran yang berbeda sehingga akan sangat banyak chanelnya.

Untuk saat ini kita sudah tertinggal oleh negara negara lain untuk memulai era TV digital namun kita tunggu saja karena dibutuhkan regulasi dan perundang undangan untuk menjalankan penyiaran TV digital.

Bagaimana dengan kita ????apakan TV analog yang kita miliki harus kita buang dan ganti dengan TV digital??tidak perlu karena masa peralihan ini tentu tidak mendadak begitu saja tentu ada proses panjang seperti masa peralihan siaran tv dari gelombang VHF ke Gelombang UHF,tentunya kita masih ingat dengan yang namanya decorder dan inferter.

Pada waktu itu para tukang servis kebanjiran order untuk pemasangan decorder dan inferter agar TV yang hanya memiliki chanel VHF bisa menerima siaran dengan gelombang UHF,seiring berkembangnya teknologi ahirnya masyarakat indonesia sedikit demi sedikit mulai mengganti TVnya dengan TV yang mempunyai band UHF.

Demikian juga masa peralihan dari TV analog Ke TV Digital pemerintah/pemangku kepentingan tentu sudah memikirkan agar rakyat indonesia tetap bisa menyaksikan siaran TV digital dengan memodifikasi TV analognya dengan tambahan decorder/inferter atau bahasa kerennya SET TOP BOX.

Tentu itu akan menjadi tambahan job bagi para tukang servis sampai pada ahirnya nanti semua TV akan berganti dengan TV digital,sesuai dengan kemampuan masyarakat Indinesia untuk mengganti TVnya.

Apa keuntungan TV digital Di bandingkan Dengan TV analog????banyak keuntungan TV digital di bandingkan dengan TV analog ,salah satunya adalah banwith/lebar pita yang di butuh kan untuk satu chanel senakin sempit perbandinganya 1;6sampai 8.

Gambar dan suara yang di hasilkan semakin bagus kualitasnya karena yang di pancarkan adalah data bukan RF,sehingga tidak mudah terpengaruh/terganggu oleh sinyal sinyal liar/spleteran.tidak akan ada lagi semut semut yang memasuki layar TV kita /gambar dan suara akan sangat jernih.

Bagaimana dengan TV kami saat ini???pada tahun 2006sudah banyak perusahaan penyiaran TV yang mulai uji coba siaran TV digital seperti TVRI . RCTI . SCTV . TV ONE . METRO TV . dan TRANS CORP namun untuk saat ini tinggal beberapa stasiun TV saja ,kemungkinan masih menunggu regulasi penyiaran yang jeas dari pemerintah.

Jika saat ini menginginkan siaran TV digital yang hanya beberapa stasiun saja terutama pelopornya adalah TVRI kita bisa membeli inferter /SET TOP BOX dengan harga berkisar 300 sampai 350 ribu ,untuk pemasangan cukup mudah yaitu melalui vidio in dengan menggunakan antena UHf biasa.

Dengan demikian kita sudah bisa menikmati siaran TV digital dan jika undang undang sudah di jalankan maka kita sudah siap,namun jika kita menunggu sampai banyak stasiun TV yang siaran dengan TV digital ya gak masalah.

Demikian artikel singkat kami tentang Sekilas Info Peralihan TV analog Ke TV Digital yang dapat kami bagikan kali ini mudah mudahan bermanfaat dan menambah pengetahuan dan pengalaman kita terima kasih salam sukses.