Thursday, September 22, 2016

Cara Tips Memilih Dan Memasang Antena TV UHF

Sebuah antena pada TV adalah salah satu piranti yang harus ada dan di pasang secara benar jika menginginkan siaran TV dengan gambar yang bagus dan jernih termasuk untuk mendapatkan suara yang bening,apalagi yang ingin audio /suara pada TV stereo/nicam maka antena mutlak harus bagus,untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang Cara Memasang Antena TV UHF dengan benar.


Sebelum kita mulai untuk langkah pemasangan kita perlu memilih antena sesuai dengan keinginan dan dana yang kita siapkan,di samping itu yang perlu kita fahami dan mengerti adalah posisi/letak geografis yang kita tempati karena hal ini akan membantu kita untuk memilih antena yang cocok dan menentukan arah pemasangan antena nantinya.

Jika posisi kita tidak jauh dari pemancar dan tidak terhalang oleh pohon pohon yang tinggi atau gedung gedung bertingkat seperti contoh di daerah jogjakarta di sisi timur ,daerah ini jaraknya cukup dekat dengan beberapa pemancar stasiun tv dan tower/antena pemancar sangat jelas kita lihat dengan mata secara langsung tanpa ada halangan sedikitpun.

Jika posisi kita seperti yang kami uraikan di atas maka untuk pombelian antena kita cukup dengan antena sederet elemen(antena yang sederhana) seperti pada gambar di atas dan untuk kwalitas agar tahan lebih lama kita pilih antena yang elemennya terbuat dari pipa aluminium karena saat ini banyak produsen untuk menekan harga dan biaya produksi untuk pembuatan elemen hanya menggunakan pelet aluminium tipis lalu di linting menyerupai pipa,sebenernya funsinys hempir sama namun untuk ketahanan jeles jauh berbeda.

Selanjutnya memilih kabel antena yang baik ,lagi lagi dengan dalih menekan harga di pasaran agar daganganya cepat laku produsen kabel juga membuat kabel antena dengan bahan asal asalan yang penting sesuai dengan kebutuhan untuk TV yaiti impedancy 75 ohm ,dengan kabel yang asal asalan sebenarnya tidak masalah ketika pemasangan antena tidak jauh dan tinggi namun jika pemasangan melebihi 10m maka sinyal dari pemancar yang kita dapat akan menurun drastis bahkan sampai 50%.

Dengan kabel ynag asal asalan kadang para pengguna mengeluh sudah pakai antena luar kok jelek ya malah bagus pakai antena dalam.keluhan seperti ini sering kami dengar,di samping sinyal pemancar yang kita dapat menurun drastis juga sangat mudah terganggu oleh kendaran yang lewat ,pesawat lewat,anginn kencang belum lagi kalau disekitar tempat kita banyak pohon pohon meskipun tidak tinggi.

Untuk itu kita harus menggunakan kabel yang bagus dengan impedancy 75 ohm,caranya kita pilih serat kabel yang terbuat dari tembaga/biasanya warnanya merah tembaga dan mudah di solder,kemudian pilihlah yang serat ground(serat kabel bagian luar yang padat karena serat kabel bagian luar ini yang akan melindungi sinyal yang masuk melalui inner(serat kabel bagian dalam) dan menghalangi gangguan rf lain atau putaran mesin.

Untuk harga memang lebih mahal bisa 5x lipat harga kabel yang murahan namun hasilnya akan maksimsl sesuai keinginan dan tentunya lebih awet,jika di hitung hitung akan sama dengan memilih antena dan kabel yang murah dan asal asalan.

Dengan kabel antena yang bagus ini kita bisa memasang antena dengan posisi yang jauh di luar rumah dan sinyal dari pemancar stasiun TV tidak berkurang/seandainya berkurang hanya sedikit tidak sampai 10%.

Selanjutnya kita mulai ke Cara Pemasangan Antena TV Yang UHF yang benar untuk mendapatkan hasil gambar dan suara yang bagus yaitu ;kita cari posisi yang lapang dan usahakan ujung antena kita langsung menghadap ke arah pemancar stasiun TV ,biasanya beberapa antena tower pemancar stasiun TV berkumpul di satu wilayah yang cukup tinggi seperti contoh di jogjakarta berkumpulnya stasiun TV adalah di oro oro/perbukitan gunung kidul di sisi tenggara.

Pasanng tiang penyangga yang cukup kuat sehingga tidah mudah bergoyang/bergerak jiga terkena tiupan angin karena jika bergerak makan sinyal dari pemancar stasiun TV juga akan sedikit berubah dan terganggu.

Berikutnya pasang antena pada tiang penyangga sedikit agak longgar/belum permanent. selanjutnya antena kita arakan ke wilayah berkumpulnya pemancar satasiun TV "ingat jangan terbalik ya" untuk reflektornya harus di bgian belakang seperti terlihat pada gambar yaitu yang banyak elemenya adala bagian reflektor/pembalik sinyal.

Sambil kita hidupkan TV kita putar sedikit demi sedikit antena untuk mendapatkan hasil gambar yang paling maksimal,karena kalau tidak bisa terjadi salah satu stasiun terlihat bagus sedangkan yang lain jelek.

Setelah tahapan demi tahapan selesai berati pekerjaan kita kali imi telah selesai dan pekerjaan kita selesai yang perlu di ingat seperti ilustrasi gambar di atas bagian reflektor antena harus di belakang karena kami amati ada beberapa orang yang memasang antenanya kebalik,direktor di belakang dan reflektor malah di depan jadi sinyalnya malah di halau pergi.

Yang kebalik pemasangan antenanya gak usah bilang bilang ya entar ketahuan hee,,,hee...heee..demikian artikel ringan kami kali ini yang dapat kami bagikan pada sobatku semua tentang Cara Tips Memilih Dan Memasang AntenaTV UHF,mudah mudahan bermanfaat terima kasih salam sukses,