Saturday, October 15, 2016

Cara Reparasi TV Samsung Slim 21" Gambar Tidak Ada Hanya OSD Yang Terlihat

Halo Sobatku semua,....sebagai tukang servis tv tentu berbagai macam kerusakan TV telah kita alami dan lewati dan salah satunya yang akan kami bagikan kali ini yaitu Tentang Cara Reparasi TV Samsung Slim 21"Tidak Ada Gambar Hanya OSD Yang Terlihat,karusakan semacam ini sebenarnya sering kami jumpai dan kerusakannya hampir sama namun untuk kali ini sedikit agak berbeda karena termasuk jarang terjadi bahkan kami baru kali ini menjumpai kerusakan semacam ini.


OK langsung saja kita mulai melacak mulai dari bagian vidio output ada juga yang sering menyebut modul/blok matrik yang nempel pada pin CRT karena berhubungan dengan gambar pasti langsung mengarah ke rangkaian vidio.

Kami mulai mengecek satu demi satu tegangan yang mensuply rangkaian vidio ini yaitu tegangan screen sekitar 500volt ,tegangan catu 9 volt dan yang paling vital adalah tegangan utama untuk rangkaian matrik ini yaitu tegangan 200volt,dalam pengecekan ini kami tidak menjumpai kejanggalan (semua terkondisi dengan baik)

Karena pengecekan tegangan bagus semua kami mulai melirik ke IC matrik ,karena TV Samsung dari mulai yang lama sudah menggunakan ic jenis ini dan kebanyakan TV menggunakan transistor sebagai penguatnya,karena IC tidak memungkinkan untuk di cek maka IC ini langsung kami ganti dan ternyata hasilnya sama tidak berubah sama sekali.



Selanjutnya kami ganti capasitor filter tegangan 200volt yaitu 2,2 mf/ 250volt dan kami coba hidupkan TV namun masih sama belum ada perubahan terlihat alias masih nol.

Langkah berikutnya kami mulai menyasar ke bagian flybek dengan mengukur masing masing tegangan dan hasilnya semua normal kecuali tegangan ABL yang seharusnya ada tegangan ACsekitar 6volt ,kemudian pin flybek kami lepassemua dan kami ukur tegangan ABL padapin flybek adalah nol,dengan demikian kecurigaan kami mulai mengerucut mengarah ke flybek/ABL yang tidak beres.

Kejadian seperti ini sangat jarang terjadi karena kerusakan semacam ini biasanya yang rusak adalah resistornya namun kali nidari flybeknya tidak mengeluarkan tegangan ABL.

Sebenarnya voltase ABL hanya Kecil sekitar 6 volt namun arusnya tinggi sehingga untuk melihat apakah tegangan ABL bekerja atau tidak dengan kita lepaskan pin ABL ketika dari pin ABL tersebut masih memercikkan api ke casis/PCB berarti flybek/ABL kondisinya bagus.

Sedangkan pengalaman kami kali ini ketika pin ABL kami lepas tetap tidak ada percikan api ke pcb/casis dan ketika kami ukur pada pin abl pada flybek juga tidak ada tegangan sama sekali,sehingga kami pastikan bahwa flybek tersebut rusak pada bagian pin ABLnya,kerusakan flybek seperti pengalaman kami ini jarang terjadi akan tetapi kemungkina rusak seperti ini tetap ada.

Langkah berikutnya Flybek kami ganti baru dan TV kami onkan ternyata jreenggg ,kondisi TV hidup dengan normal,kerusakan TV tidak ada gambar dan hanya terlihat OSDnya saja ini biasanya yang rusak adalah resistor kopling sekitar 4,7kohm sampai 10kohm,atau resistor 100kohm seri dengan 110volt(B+) kerusakan semacam ini bisa terjadi pada semua merk TV intinya kerusakan pada bagian ABL akan menyebabkan gambar pada TV tidak muncul dan yang bisa terlihat hanya OSD dan suaranya juga normal.

Demikian pengalaman kami tentang Cara Reparasi TV Samsung Slim 21"Gambar Tidak Ada Hanya OSD Yang Terlihat,mudah mudahan apa yang kami bagikan ini bermanfaat bagi kitasemua terima kasih salam sukses dan wassalam.