Saturday, May 2, 2015

Cara Reparasi TV tcl Mati Lampu Indikator Kedip Kedip

Hai sobat ketemu lagi dengan kami ,pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan anda tentang cara reparasi TV tcl dengan kerusakan mati dan lampu indikator kedip kedip,sebenarnya  kerusakan dengan ciri ciri tersebut bukan merk tcl saja namun tidak semua ciri ciri tersebut sama kerusakannya,seperti pengalaman yang baru saja kami dapatkan setelah mereparasi TV tcl 21" flat.

Sebelum kita mulai job kita kali ini persiapkan dulu peralatam yang kita butuhkan seperti multi tester dan peralatan lainya agar kita bisa konsentrasi dalam melakukan langkah demi langkah dalam mereparasi TV kali ini
  1. Langkah pertama kita mulai dengan pengukuran tegangan pada titik titik tes poin yang ada pada tv tcl tersebut,cek tegangan 110volt pada output power suply apakah ada dan pas sesuai kebutuhan,juga cek tegangan yang lain seperti tegangan 16 volt untuk audio,tegangan simetris 12 volt untuk catu daya rangkaian vertical.
  2. Apabila semua tegangan yang di butuhkan untuk semua catu daya pada TV tersebut normal maka kita melangkah berikutnya yaitu ke bagian vetrical ,karena TV sekarang mulai ada TV flat banyak sekali protector yang terpasang pada bagian rangkaian vertical seperti tv polytron,sharp,digitec,panasonic,LG,sanyo dll yang semuanya memasangkan protektornya pada bagian vertical namun ada juga di bagian lain.
  3. Kerusakan biasanya terjadi pada IC vertical ,langsung saja kita ganti dengan yang baru kenudian kita coba nyalakan, kalau masih sama saja kita cek elco pada filter tegangan suply vertical atau bisa langsung kita ganti saja.
  4. Apa bila masih sama kita cek kembali output dari power suply apakah tegangan benar benar stabil,karena pengalaman kami kali ini setelah pengecekan kami lakukan sampai ke mana mana belum menemukan kerusakan ahirnya setelah kami cek kembali output power suply ternyata tegangan dari masing masing catu daya tidak stabil,tegangan berdenyut naik turun bersamaan dengan berkedipnya lampu indikator.
  5. Setelah tahu tegangan tidak stabil kami mulai mengecek mulai dari switcing,kami coba ganti dengan switcing external untuk memastikan,kemudian Tv kami nyalakan dan ternyata TV mau nyala dan lampu indikator tidak berkedip kedip lagi,tetapi bersamaan dengan itu ada bunyi pletak sebuah komponen pecah,kemudian TV kami matikan dan kami cari ternyata sebuah dioda pada catu daya vertical -12volt.
  6. Setelah ketahuan ada dioda yang short/korselet dan ahirnya pecah maka switching external kami copot dan kami kembalikan lagi pada switching aslinya dan kami nyalakan TV mau nyala dan lampu indiktor tidak berkedip kedip lagi tetapi pada layar TV hanya terlihat garis mendatar karena dioda yang pecah belum kami ganti.
  7. Setelah itu TV kami matikan dan dioda catu daya vertical -12volt kami ganti dengan yang baru dan TV kami nyalakan dan hasilnya jreng TV menyala dengan normal seperti semula.
Langkah yang begitu panjang kami lakukan karena kadang ciri kerusakanya sama tetapi kenyatan dalam penyelesaian masalahnya tidak sama,dengan demikian bisa kita perspendek langkah di atas yaitu kita ukur output power suply tetapi dengan kita cermati,kalau terjadi kejanggalan misalnya tidak stabil atau kurang dari semestinya langsung kita cut semua output power sulpy kecuali otput yang di gunakan untuk umpan balik biasanya output tegangan 110volt jangan sampai terlepas karena akibatnya fatal power sulply malah akan mati total dan lebih susah perbaiakanya dan biayanya akan bertambah banyak.

Setelah itu kita kembalikan/kita sambung satu persatu output power suply dan pasti akan ketahuan di mana letak kerusakanya setelah itu perbaiki misal sama dengan pengalaman kami reparasi TV tcl dengan ciri ciri kerusakan mati dan lampu indikator berkedip kedip berati kerusakan tetap pada bagian vertical meskipun yang terganggu malah power suply.

Demikian pengalaman kami tentang Cara Reparasi Tv tcl Dengan Ciri Ciri Mati Dan Lampu Indikator Berkedip Kedip mudah mudahan bisa menjadi inspirsi,dan spirit untuk kita semua dalam bekerja  juga bisa bermanfaat bagi kita semua dan membantu bagi yang membutuhkan sampai ketemu dengan artikel artikel kami berikutnya dan terima kasih.