Saturday, May 2, 2015

Cara Reparasi TV China Mati Total


Untuk mereprasi TV cina dengan kondisi mati total memang relatif lebih mudah,karena skemanya cukup simpel tidk terlalu rumit dan hampir tidak menggunakan protektor sama sekali,sehingga kerusakan yang terjadi lebih mudah terdeteksi karena langsung bisa di cek,berbeda dengan TV buatan jepang,korea apa lagi TV eropa skemanya sangat rumit dan banyak sekali protektor yang di pasang sehingga untuk mengetahui kerusakan /trouble shoting harus membuka protektor dahulu,padahal untuk mencari letak protektor sendiri sudah perlu ketelitian juga pengetahuan yang banyak.

Kerusakan  yang paling sering terjadi pada TV cina dengan kondisi mati adalah kerusakan flybek(short)-transistor horizontal Short-transistor power suply short juga IC vertical amplifier,karena komponen komponen ini memang di paksa kerja keras untuk menyalakan tabung bekas monitor yang butuh kerja keras,dengan defleksi yoke yang besar dan impedanci yoke yang kecil maka tak heran kalau komponen tersebut mudah mati/short yang membuat TV cina tidak awet.

Pada kesempatan ini kami akan berbagi tentang Reparasi TV Cina Mati Total namun dengan kerusakan bukan yang biasa terjadi dan memang agak unik,karena cukup membuat kami berfikir 2X lansung saja kita mulai mereparasi TV cina;
  1. Seperti biasanya kita mulai dengan pengecekan tegangan dari
    masing masing catu daya yang di butuhkan,dalam hal ini umumnya TV cina adalah tegangan utama untuk mengerjakan rangkain horizontal yaitu;110 volt-tegangan 24 volt untuk mengerjakan rangkaian vertical-tegangan 16 volt untuk mengerjakan rangkaian sound sistem-dan tegangan 12 volt untuk mengerjakan program,croma dll.
  2. Langkah selanjutnya apabila semua catu daya yang di butuhkan sudah sesuai tapi TV masih belum nyala kita mengecek singnal oscilator pada kaki basis transistor horizontal dengan menggunakan multi tester posisi tegangan AC dan dengan skala 10 volt AC,TV yang normal akan menunjukkan -+1 volt AC apa bila lebih sampai 5 volt berarti oscilator tidak keluar atau tidak ada tegangan sama sekali berarti oscilator juga bermasalah.
  3. berikutnya kita cek Tegangan 5 volt suply untuk IC program kalau tidak ada cek komponen power suply 5 volt biasanya terdiri dari transistor,resistor dan dioda zener 5 volt,kalau semua bagus kita cek depanya lagi yaitu resistor fuse yang berasal dari power suply 12 volt,kalau resistornya bagus kita cek kapasitor/elco filter tegangan setelah melewati resistor fuse,atau langsung saja elco di ganti dengan yang baru karena elco agak susah kita tes dengan multi tester(tidak akurat)
  4. Langkah berikutnya adalah mengecek paling depan rangkaian power suply 5 volt yaitu dioda penyearah dari trafo switcing,sebenarnya dioda sangat mudah kita tes dengan menggunakan multi tester karena kerusakan yang biasa terjadi pada dioda baik dioda zener atau dioda penyearah sama yaitu short/korselet atau putus.ternyata biang keroknya ada pada dioda ini berkali kali kami tes bagus tidak short juga tidak putus tetapi ketika di pasang tidak bekerja.
  5. pengecekan dioda ini kami lakukan lebih dari sekali dan hasilnya tetap sama,tetapi yang membuat kami terjebak di sini karena ketika dioda di pasang tanpa beban tegangan 12 volt keluar,baru ketika di beri beban langsung hilang,atau di beri filter elco seharusnya makin stabil tapi tegangan malah melorot kurang dari 5 volt,dengan proses yang panjang tersebut ahirnya kami putuskan untuk mengganti dioda yang berulang kali kami cek dengan dioda yang baru dan hasilnya jreng tegangan 12 volt dan 5 volt normal dan TV cina yang kami kerjakan nyala.
Demikian cerita dalam kami reparasi TV cina Mati Total dengan panjangnya proses trouble shoting kami mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua dan belajar dari pengalaman kami ini kita jangan yakin 100% kalau pengecekan dengan alat ukur yang cukup populer yaitu multi tester 100% tepat,karena sebenarnya masih banyak alat ukur yang lebih akurat dan lebih tepat seperti osciloskop dll ,namun karena multi tester adalah alat ukur yang paling terjangkau kita cukup untuk mereparasi TV tapi jangan menyerah untuk mencoba termasuk penggantian dengan komponen yang baru"hanya komponen yang harganya murah"kalau komponen yang mahal harus benar benar tepat.

Jangan lupa kunjungi lagi blog ini dan kami juga siap menerima masukan atau pengalaman anda pemirsa,karena pengalaman seseorang tidak sama ,mudah mudahan artikel kami bermanfaat bagi kita semua amiin dan terima kasih.