Monday, May 4, 2015

Cara Reparasi TV Cina Tidak Ada Gambar Dan Suara Layar Terlihat Seperti Gambar Petir/Kilat

Pernahkah anda menjumpai kerusakanTV cina seperti terlihat pada ganbar di samping ini??? kamipun baru sekali ini menjumpai kerusakan TV cina dengan ciri seperti ini ;tidak ada gambar dan suara tetapi layar menyala dan terlihat seperti ada gambar kilat/petir dan tidak hilang,di nyalakan terus juga tetap seperti ini.

Kira kira di mana letak kesalahan atau kerusakan apa bila anda menjumpai kerusakan TV dengan ciri ciri seperti ini??menurut kami kerusakan seperti ini termasuk langka/jarang sekali terjadi dan baru kali ini kami menjumpai kerusakan seperti ini,berbeda dengan ada gambar kilat/petir tetapi hanya sesekali dan di sertai bunyi letupan(pletak)karena ada lompatan api/arus dari flybek ke casis setelah itu gambar normal kembali kemudian beberapa saat terjadi lagi letupan yang sama dan di layar juga terlihat seperti gambar kilat/petir.

  1. Analisa awal kami kerusakan seperti ini terjadi pada rangkaian horizontal,dan ,kamipun mengarahkan pengecekan ke rangkaian horizontal dan sekitarnya sambil memasang telinga barang kali ada kebocoran Flybek yang hanya kecil tapi terus bmenerus,dengan sambil berfikir kami mulai mengecek satu persatu komponen di sekitar rangkaian horizontal mulai dari transistor horizontal kemudian trafo driver horizontal ,transistor driver horizontal dan kapasitor di sekitar flybek.
  2. Setelah berulang kali kami mengecek beberapa komponen yang cukup memakan waktu dan tidak menemukan kerusakan ahirnya  kami mencoba mengganti flybek dengan yang baru/bagus krena kecurigaan kami adalah flybek bocor,tetapi hasilnya sama saja tidak ada perubahan.
  3. Kemudian kami berfikir ulang dan pengecekan komponen kami mulai dari awal dengan lebih teliti sambil melakukan pengukuran tegangan pada tes poin di sekitar rangkaian horizontal,dan kamipun menjumpai kejanggalan yaitu tegangan untuk suply trafo driver yang di ambil dari catu daya vertical 24volt setelah kami ukur hanya 10 volt padahal dari asalnya sudah tepat 24 volt.
  4. Langkah berikutnya kami fokus pencarian kerusakan/trouble shotting pada rangakaian driver horizontal dengn meneliti satu persatu komponen yang ada,dengan terus sambil berfikir ahirnya membuahkan hasil,kami menemukan kesalahan pada capasitor(elco) filter tegangan pada trafo driver horizontal dengan nilai 1000mf /35 volt capasitasnya hampir nol,jadi tidak mampu memfilter tegangan catu daya driver sama sekali,pisisinya dekat dengan trafo driver seperti terlihat pada gambar di bawah.
  5. Selanjutnya capasitor (elco) 1000mf yang rusak kami ganti dengan yang baru ahirnya TV cina yang kami kerjakan saat itu normal kembali,gambar normal dan suara juga normal,namun demikian kerusakan seperti ini memang jarang sekali terjadi.

Dalam kita melakukan pekerjaan kita kadang menjumpai hal hal yang hampir di katakan tidak mungkin namu itu semua bisa terjadi maka jangan menyerah,cari dan cari terus sampai benar benar mentok dengan catatan harus tetap menjaga main board tetap utuh jangan sampai rusak karena kalau sampai main board rusak maka pekerjaan kita akan semakin rumit lagi.

Sesuatu yang hampir di katakan tidak mungkin juga pernah kami alami,dan sebenarnya pengalaman itu tidak kami ceritakan pada orang lain yaitu Resistor nilainya mengecil secara teori tidak mungkin,tetapi kami pernah mengalami hal ini 2X dan apa respon dari teman seprovesi,??mengejek kami mengolok dengan sindiran kalau di jelaskan mungkin kalimatnya "resistor kok nilainya mengecil",resistor rusak kalau tidak putus ya nilainya membesar(molor istilah jawa).tetapi dengan kejadian ini kami juga tidak jatuh mental dan resistor itupun kami simpan barang kali ada teman yang menganggap kami bohong akan kami tunjukkan.

Pengalaman kami ini sebenarnya hanya membantu menyelesaikan pekerjaan teman yang sudah berulang kali di kerjakan dalam posisi kerja panggilan dan dengan kami menemukan resistor yang nyleneh tersebut pekerjaan teman kami tadi selesai sempurna tetapi seperti itulah respon dari teman kita.

Dengan cerita pengalaman kami di atas mudah mudahan bisa menjadi membantu kita untuk tetap semangat ,tidak mudah jatuh mental,apapun pekerjaankita kalau kita kerjakan dengan sungguh sungguh hasilnya juga joos,dan yang tidak kalah pentingnya kita bekerja untuk keluarga adalah jihad berpahala besar,demikian artikel kami tentang Cara Reparasi TV Cina Tidak Gambar Dan Suara Layar Terlihat Seperti Gambar Petir/Kilat mudah mudahan bermanfaat untuk kita semua dan berguna bagi yang membutuhkan terima kasih salam sukses.