Wednesday, April 29, 2015

Cara Merakit Lampu Led Dengan Biaya Sangat Murah Dan Mudah

Penghematan energi di mana mana terus di gembor gemborkan tidak tertinggal pula masalah listrik,semua produsen saling berlomba menciptakan terobosan baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen agar bisa hemat energi,pada awal di temukanya listrik lampu yang digunakan adalah lampu pijar(bola Lampu) kemudian lampu neon dengan menggunakan trafo kemudian neon dengan sistem switcing yang cukup ngetren dengan sebutan Energi Saving dan yang terahir untuk saat ini adalah lampu LED yang sangat hemat energi.

Harga listrik kian hari kian naik,agar pengeluaran kita bisa berkurang/hemat untuk pembayaran listrik,bisa kita siasati dengan menggunakan lampu Led yang sudah terkenal hematnya,namun di balik hematnya energi ternyata harga lampu led masih relatif mahal jika di bandingkan dengan lampu hemat energi yang masih menggunakan neon/tabung.

Pada kesempatan ini kami akan berbagi dengan anda tentang Cara Merakit/Membuat Lampu Led Yang Sangat Hemat Energi tentu dengan cara yang sangat mudah dan sederhana serta sangat murah biayanya,di bawah ini akan kami uraikan untuk pembuatan 1 buah lampu led,kalau ingin membuat banyak bahanya di kalikan kebutuhan kita.
  1. Pertama kali kita siapkan bahan bahanya antara lain dioda in 4007 sebanyak 4 buah.
  2. Capasitor milar 470nf/1500volt 1 buah
  3. Resistor 470kohm 1 buah
  4. led untuk senter 4 buah atau sesuai keinginan makin banyak makin terang
  5. Pcb lubang atau polos jika di perlukan,jika tidak karena komponen hanya sedikit tidak masalah.
Setelah bahan kita lengkap langsung saja kita mulai merakit power suply,rakitlah dioda in 4007 menjadi dioda jembtan/bridge seperti gambar di samping kemudian rakitlah capasitor milar 470nf/1500volt secara paralel dengan resistor 470kohm seperti terlihat pada gambar,kemudian soder RC(resistor capasitor) dengan dioda bridge yang sudah kita buat.

Untuk memasangkan power suply dengan led lihat gambar di samping yaitu negatif dari dioda bridge di solder dengan negatif led,begitu pula positif dioda bridge dengan positif led,kemudian solder kabel pada kaki dioda bridge yang belum dapat hubungan,dan 1 kabel lagi dapat RC(resistor capasitor).kemudian ke 2 ujung kabel di hubungkan ke listrik dengan steker/colokan listrik ke stop kontak Perhatian!!!!! jangan sampai tangan kita menyentuh rangkaian tersebut.

Nah mudah sekali bukan caranya,setelah selesai perakitanya,untuk mendapatkan hasil rakitan yang rapi dan aman kita kemas rakitan kita dengan bahan plastik yang tidak bisa menghantar arus listrik untuk menghindari bahaya kejutan listrik,jika ingin langsung di pasang pada fiting plafon atau gatung bisa kita gunakan ulir bekas lampu energi saver yang telah mati/rusak.

Demikian artikel yng dapat kami bagikan dengan anda tentang Cara Merakit Lampu Led Dengan Biaya Sangat Murah Dan Mudah,semoga artikel kami bisa bermanfaat untuk kita semua amiin terima kasih ...SALAM SUKSES.