Monday, August 10, 2015

Cara Membuat Power Suply Adaptor Serba Guna Dengan Voltase Adjust

Cara Membuat Power Suply Adaptor Serba Guna Dengan Voltase Adjust sangat mudah kita temukan di mana saja, namun yang akan kami bagikan kali ini sangat sangat sederhana dan sangat mudah untuk di buat,bahkan untuk pemula sekalipun,meski demikian masalah hasil/kualitas tidak usah di ragukan,komponen yang di butuhkan juga sedikit dan sangat mudah di dapatkan di toko toko elektronik di sekitar kita.

Bagaimana teman sudah siap??ok lansung saja kita mulai persiapkan komponen yang di perlukan antara lain;
* IC 7905 atau 7909 atau 7912 atau sesuai dengan voltase terendah yang kita inginkan.
*Resistor 0,5ohm 2 buah.
*Elco 6800 mf/50volt
*Dioda bridge 20 amper.
*Pcb lubang atau pcb polos kalau diperlukan karena komponen hanya sedikit bisa  di rakit tanpa  pcb 
*Potensio meter 10 kohm.
*Capasitor milar 68 nf/250volt 2 buah
*Trafo 10 amper 18 volt atau 20 amper 18 volt.

Di bawah ini adalah gambar/skema untuk Power Suply Adaptor Serba Guna Dengan Voltase Adjust yang akan kita rakit kali ini meskipun sangat sederhana namun beda dengan power suply pada umumnya,untuk power suply ini yang di filter dan di stabilkan adalah tegangan negatif sedangkan kebanyakan power suply yang di filter dan di stabilkan adalah tegangan positif.

Dengan tegangan negatif yang di stabilkan maka kemungkinan over voltase sangat kecil jadi lebih aman untuk segala jenis perangakat elektronika seperti HT,atau RIG-tape mobil dan perangkat yang lain yang memerlukan power suply external.

Setelah selesai perakitan kita coba input kita beri tegangan DC 18 volt dan Vr adjust kita putar ke kiri dan ke kanan apa bila tegangan output bisa berubah dari minimal 9 volt sampai maximal 18 volt berati power suply yang baru kita rakit selesai dengan benar.

Apabila menginginkan voltase minimal 5 volt tinggal di ganti IC 7909 di ganti dengan IC 7905 maka tegangan output minimal akan menyesuaikan dengan IC tersebut yaitu 5 volt.

Untuk pengaman /casing bisa beli di toko elektronika dengan berbagai  pilihan atau kalau mau irit lagi bisa bikin sendiri dengan papan atau apa saja yang penting aman,bagaimana sob??? mudah murah meriah bukan ???coba bandingkan dengan yang lain kami yakin jauh lebih mudah.

Demikian artikel kami kali ini tentang Cara Membuat Power Suply Adaptor Serba Guna Dengan Voltase Adjust mudah mudahan bermanfaat dan terima kasih.