Sunday, April 12, 2015

Cara Membuat Antena Ring Bes Untuk Radio Fm Transmiter

Untuk berkomunikasi dengan radio sebuah antena adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus di penuhi,karena antena adalah ujung tombak pada sebuah perangkat komunikasi,dengan banyaknya pilihan antena yang ada di pasaran dengan berbagai harga yang bervariasi kadang kita bingung untuk memilihnya terlepas dari buget yang kita siapkan  atau" Remukan Pipo" rupiah kata breaker.

Cara Membuat Antena Ring BesUntuk Radio Fm Transmiter yang akan kami bagikan kali ini memang sangat sederhana dan tentu dengan biaya yang cukup murah.

Untuk antena transmiter Fm dengan frekwensi di bawah 88mhz memang hampir tidak ada di pasaran untuk itu di sini akan kami berikan solusi untuk anda sobat semua,dengan antena yang murah namun ok sesuai kebutuhan untuk transmiter FM kami katakan antena ini ok karena memang penguatanya jauh lebih besar di bandingkan dengan antena open daipul

Persiapkan bahan untuk pembuatan antena RING BESS antara lain; Begel untuk sirip lurus seperti pada gambar dengan diameter 1",2 buah begel diameter 1" untuk klem antara antena dan tiang ,pipa pvc diameter 3/4" dengan panjang 40cm(yang bagus karena pipa pvc ini jadi tumpuan)agar antena kuat,pipa aluminium 1/2" panjang 2m, pipa aluminium 1" panjang 50cm, pipa 5/8" panjang 50cm,kawat email/tembaga diameter 1mm panjang 30mm, dan yang terahir adalah conektor bodi untuk kabel antena.

Setelah bahan lengkap kita mulai merakit antena;
1)Membuat sirip antena/reflektor yaitu pipa diameter 5/8" dengan pqnjang -+50 cm kita tekuk melingkar mirip obat nyamuk seperti terlihat pada gambar di samping ujung di tengah di kaitkan dengan begel sirip dan ujung yang lain di pinggir di beri jarak 1cm dari lekukan sebelumnya,di usahakan serapi mungkin agar terlihat bagus.

2)Selanjutnya kita membuat loading coil caranya; masukkan pipa pvc ke pipa aluminium diameter 1" lalu masukkan pipa2/2" ke pipa pvc seperti terlihat pada gambar,sisakan jarak antara pia aluminium 1" dengan pipa aluminium 1/2" kira kira 5cm kemudian lilitkan email tembaga 1mm ke pipa pcc sebanyak 7 lilit dengan menghubungkan pipa aluminium 1" dan ujung yang atas pada pipa aluminium 1/2".

3)Langkah ke tiga kita memasang sirip yang melingkar seperti obat nyamuk dan telah terpasang pada begel,masukkan begel pada pipa 1" tepat di ujungnya sekalian pasang konektor bodi kabel antena pada lubang begel yang telah tersedia,selanjutnya kita sambungkan inner konektor ke lilitan/loading coil pada tep ke 3 dari bawah,dan sebelum kita solder di kerok dulu dengan cutter untuk mengupas isolatornya agar bisa di solder.

4)Langkah terahir kita memasang 2 begel pengikat antara tiang antena dan antena,dan selesailah projec kita kali ini,untuk menyeting antena agar metcing kita menggunakan rumus 1/2 lamda, 1 lamda =cepat rambat cahaya /panjang gelombang(1/2 x300/panjang gelombang)atau kira kira 2meter seperti yang kita siapkan sebelumnya itu sudah di bawah 88mhz.

Setelah jadi sebenarnya antena sudah siap di pergunakan untuk transmiter,namun untuk keamanan dan keawetan loading coil antena kita bungkus dengan botol aqua atau apa saja yang intinya bisa melindungi dari air hujan.

Bagaimana sob muda bukan ??kami jamin anda langsung bisa membuat dan langsung jadi dan hasilnya lumayan memuaskan di banding dengan antena open daipul,antena ring bess ini sempat ngetrend pada tahun 2000an  yang sebelumnya breaker mania terutama di jalur FM atau 3meteran banyak yang menggunakan open daipul,yagi,atau gamamet.yang proses pembuatannya lebih rumit.

Oh ya antena ini bisa juga untuk di gunakan pada band VHF atau 2 meteran yang di gunakan RAPI atau Orari tinggal merubah elemen dengan rumus yang sama yaitu 7/8 lamda dengan freqwensi VHF.

Demikian pengalaman dan pengetahuan kami,hanya sedikit yang bisa kami bagikan pada sobat semua mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua amin salam sukses dan terima kasih.