Bagi orang yang memiliki mobil tua tentu sering sekali mengalami masalah masalah yang bisa mengganggu perjalanan terutama bagi mobil tua adalah bagian kelistrikan,maklum ibaran orang/manusia jika sudah lanjut usia juga akan sering mengalami gangguan kesehatan yang ber macam macam,mobilpun demikian sehingga bagi pemilik mobil mobil tua seharusnya rajin rajin merawat mobilnya agar tidak sering mogok dan masuk bengkel berikut ini kami akan berbagi tentang Tips Solusi Mengtasi Sekering(Fuse) Pada Mobil Yang Sering Putus /Meleleh terutama untuk mobil mobil tua yang biasanya kelistrikan sudah bertumpuk tumpuk.
Sedikit cerita pengalaman kami dalam merawat mobil Daihatsu Hijet 1000 yang kami miliki,pada tahun 2008 kami memilikihijet1000 yang sering bermasalah yaitu sekering sering meleleh dan putus tiba tiba sehingga mobil mogok dalam suatu perjalanan,di ganti sekering langsung jalan lagi namun kajadian seperti ini sering terulang kami pikir rumah sekeringya yang longgar/rusak dan kami pernah mau mengganti rumah sekering yang terbuat dari plat dengan sekering kaca namun belum sampai terlaksana mobil kami jual.
Berikutnya tahun 2012 kami memiliki lagi mobil hijet 1000 dan ternyata memiliki kasus yang sama sekering sudah belepotan semua karena meleleh ,ahirnya kami jamper dengan kabel namun juga tidak menyelesaikan masalah,sehingga pada lebaran kemarin th 2015 kami bongkar semua kelistrikan /kabel kabel sampai semua isolasi kami buka dan kabel kelistrikan yang bertumpuk kami buang sampai tinggal kabel kabel utama saja,karena biasanya mobil tua banyak sekali kabel yang tidak berfungsi karena biasanya kalau ada permasalahan pada kelistrikan tidak di cari masalahnya dan langsung di tambah jalur lain sehingga kabel bertumpuk tumpuk.
Setelah kami benahi semua kami ajak jalan jalan si hijet biru, dan pada waktu perjlanan pulang ada asap keluar dari blok sekering dan mogok lagi,lalu kami sambung kembali dengan kabel dan jalan lagi sampai rumah,pada hari berikutnya kami jalan lagi untuk beli sekering tujuan kami untuk mengganti semua sekering kembali lagi pada perjalanan pulang mogok di tengan jalan.
Ahirnya kami dorong ke pinggir jalan dan kami benahi lagi ,semua baut yang berhubungan dengan baterai/accu kami kencangkan,terutama baut yang menghubungkan negatif accu ke casis maupun ke mesin,dan sekering kami ganti semua dengan yang baru,kami jalan kembali sambil kami raba sekering sekering tersebut dan ternyata tidak ada yang panas.
Padahal sebelumnya konci kontak baru di on kan saja sekering sudah panas semua,selanjutnya kami jalan memutar agak jauh dan sekering tidak bermasalah lagi sampai di rumah dan pda lebaran kemarin di pakai mudik aman lancar barokah.
Kesimpulan kami permasalahan terjadi pada hubungan accu/baterai ke casis dan ke mesin kurang kuat/kurang konek sehingga menimbulkan panas dan sekering sering putus dan meleleh,setelah pengalaman kami tersebut sampai sekarang sekering tidak pernah panas dan meleleh lagi.
Mudah mudahan pengalaman kami Tips Solusi Mengatasi Sekering(fuse) Pada Mobil Yang Sering Putus/Meleleh bisa bermanfaat dan dan menjadi referensi dalam otak atik mobil tua kita salam sukses dan terima kasih.
Setelah kami benahi semua kami ajak jalan jalan si hijet biru, dan pada waktu perjlanan pulang ada asap keluar dari blok sekering dan mogok lagi,lalu kami sambung kembali dengan kabel dan jalan lagi sampai rumah,pada hari berikutnya kami jalan lagi untuk beli sekering tujuan kami untuk mengganti semua sekering kembali lagi pada perjalanan pulang mogok di tengan jalan.
Ahirnya kami dorong ke pinggir jalan dan kami benahi lagi ,semua baut yang berhubungan dengan baterai/accu kami kencangkan,terutama baut yang menghubungkan negatif accu ke casis maupun ke mesin,dan sekering kami ganti semua dengan yang baru,kami jalan kembali sambil kami raba sekering sekering tersebut dan ternyata tidak ada yang panas.
Padahal sebelumnya konci kontak baru di on kan saja sekering sudah panas semua,selanjutnya kami jalan memutar agak jauh dan sekering tidak bermasalah lagi sampai di rumah dan pda lebaran kemarin di pakai mudik aman lancar barokah.
Kesimpulan kami permasalahan terjadi pada hubungan accu/baterai ke casis dan ke mesin kurang kuat/kurang konek sehingga menimbulkan panas dan sekering sering putus dan meleleh,setelah pengalaman kami tersebut sampai sekarang sekering tidak pernah panas dan meleleh lagi.
Mudah mudahan pengalaman kami Tips Solusi Mengatasi Sekering(fuse) Pada Mobil Yang Sering Putus/Meleleh bisa bermanfaat dan dan menjadi referensi dalam otak atik mobil tua kita salam sukses dan terima kasih.