Monday, September 14, 2015

Cara Reparasi Motor/Dinamo Mesin Jahit

Artikel kami kali ini membahas tentang Cara Reparasi Motor Mesin Jahit yang sering rusak bahkan belum sempat di pakai sudah rusak.
Pada ahir ahir ini memang banyak peralatan elektronika yang kualitasnya sengaja di kurangi oleh para produsen dengan tujuan untuk menurunkan biaya produksi dan juga untuk bersaing dalam harga terutama peralatan elektronika yang menggunakan kumparan seperti kipas angin pompa air mesin cuci dinamo/motor mesin jahit compresor kulkas dll.
Kumparan yang dulunya terbuat dari kawat tembaga sekarang terbuat dari kawat berbahan aluminium sehingga lebih mudah korosi dan dalam penyambungan juga tidak bisa sempurna karena hanya di plintir tidak seperti kawat tembaga yang bisa di sambung dengan solder,sehingga peralatan elektronika dengan bahan kumparan dari kawat aluminium mudah/cepat rusak.

Contohnya seperti motor/dinamo mesin jahit yang akan kita ulas di sini,sebenarnya mesin jahit bagi seorang yang profesinya bukan tukang jahit tidak begitu penting namun ternyata ketika kita membutuhkan kebetulan pas mati dinamonya kita juga kerepotan untuk mengatasinya bisa sambil praktik kita mulai membongkar dinamo mesin jahit;

Peralatan yang di butuhkan tidak banya yaitu obeng -,obeng+ tang dan multi tester kalau ada,langkah pertama kita bongkar/kita lepas kabel yang terhubung dengan socet listrik,kemudian lepas carbon bruss agar tidak rusak ketika kita melepas spul/kumparan,lepaskan juga puli dari as motor.

Selanjutnya kita lepas semua baut menggunakan tang lalu kita tarik pelan pelan rumah motor dan terlihatlah kumparan seperti pada gambar,selanjutnya kita ukur dengan multi masing masing kumparan(ada 2 kumparan)biasanya salah satu atau dua duanya putus/tidak terhubung akibar sambungan terlepas meskipun masih terikat karena berbahan aluminium sehingga longgar sedikit saja hubungan antara kabel dan kumparan terputus.

Untuk mengtasinya kita pererat kembali sambungan tersebut dan di solder ulang,sebenarnya solderan kita tidak bisa menempel pada kawat aluminium,solderan di sini hanya berfungsi untuk mempertahankan kawat aluminium yang di plintir dengan kabel agar tidak bergeser/renggang.

sedangkan untuk motor yang di buat pada tahun tahun sebelumnya jarang mengalami kerusakan seperti ini justru yang sering rusak adalah bagian pijakan/pedal gas untuk menjalankan motor mesin jahit,pedal ini mirip pedal gas pada mobil seperti terlihat pada gambar di atas ketika kita menginjak semakin keras maka jalanya mesin lahit/putaran mesin jahit semakin cepat.

Pedal gas ini terdiri dari beberapa komponen antara lain pedal dengan pernya,kabel yang tersambung ke motor dan listrik dan di dalamnya ada semacam tabung/seperti silinder yang terbuat dari keramik di dalamnya berisi koin yang jumlahnya banyak sekali terbuat dari karbon,cara kerjanya ketika pedal di injak maka karbon saling berhimpitan dan mengalirkan listrik ke motor,semakin di injak makin rapat himpitan dari coin coin karbon tersebut dan aliran listrik juga makin kuat sehingga putaran motor makin cepat.

Semakin lama/semakin sering di injak pedal gas tersebut ahirnya coin coin karbon tersebut aus/makin tipis dan tidak bisa lagi mengalirkan listrik ke motor yang berakibat motor tidak bisa berputar.

Untuk menyelesaikan masalah ini caranya kita buka tabung/silinder yang yang terbuat dari keramik berisi coin coin karbon dan kita tambahkan koin dari besi(ring untuk baut)secukupnya sampai ketika pedal di injak bisa mengalirkan listrik ke motor.

Kenapa ring besi yang kita masukkan?? karena untuk mendapatkan coin yang terbuat dari karbon tidak ada yang menjualnya,atau cara lain bisa ketika kita punya motor mesin jahit yang lain yang rusak tidak bisa di perbaiki lagi kita ambil koin karbonya lalu kita masukkan/tambahkan pada motor yang kita perbaiki.

Kerusakan pada pedal gas ini sangat sering terjadi di samping carbon brus yang sering habis terkikis putaran motor,kadang orang yang tidak tahu ketika motor mesin jahit tidak berfungsi lagi langsung di buang dan beli yang baru padahal mesin yang baru belum tentu awet juga.

Demikian tips dari kami dan Cara Reparasi Motor/Dinamo Mesin Jahit mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua terima kasih dan salam sukses