Monday, May 11, 2015

Tips Memilih,Merawat Dan Mempergunakan Solder Yang Baik

Untuk belajar elektronik atau mengerjakan pekerjaan reparasi elektronika pasti kita tidak bisa lepas dari yang namanya solder,akan tetapi tidak sedikit orang yang meremehkan solder,baik dari cara memilih solder yang baik dan cocok untuk pekerjaan yang akan kita selesaikan,maupun cara merawat dan mempergunakanya yang mengakibatkan rusaknya mainboard atau pekerjaan kita,dan akan menambah rumitnya pekerjaan kita apa lagi teknologi sekarang yang semakin di perkecil ukuranya.

Untuk itu pada kesempatan ini kami akan berbagi dengan anda tentang Tips Memilih,Merawat Dan Mempergunakan Solder Yang Baik,agar hasil pekerjaankita maksimal/tidak rusak mainboardnya dan kerja kita juga terlihat profesional,karena dengan memilih/menggunakan solder yang baik akan mempercepat dalam mengerjakan/mereparasi elektronika.
  1. Tips memilih solder yang baik sebenarnya bukan hal yang rumit,biasanya dengan kita berpedoman pada harga yang agak mahal(di atas rp30.000.-kita sudah bisa mendapatkan solder yang lumayan baik/cukup untuk kita belajar atau bekerja terlihat profesional"hasil solderan matang dan halus serta lebih cepat dalam bekerja",atau bisa juga kita menggunakan solder biasa/yang harganya murah kemudian kita ganti ujung solder dengan yang bagus yang Harganya sekitar rp 10.000,- sampai rp20.000,-.
  2. Tips merawat solder yang baik juga bukan hal yang susah dan biaya yang banyak namun memerlukan kemauan,karena dengan merawat solder yang baik akan berpengaruh juga dengan hasil pekerjaan kita seperti yang kami paparkan pada no 1 di atas,karena meskipun kita sudah memilih solder atau mata solder yang baik kalau tidak kita rawat juga tidak akan bertahan lama untuk itu merawat solder yang baik juga sangat perlu adapun caranya adalah ;menjaga agar ujung/mata solder selalau bersih dan terlapisi timah seperti terlihat pada gambar di atas
  3. Untuk menjaga agar ujung solder selalu bersih dan terlapisi timah kita bisa menggunakan Gondo rukem(getah damar )yang di gunakan untuk campuran polytur pada finishing mebelair/furnitur,menurut pengalaman kami dengan cara ini adalah paling maksimal merawat ujung solder di bandingkan dengan lofet(pasta untuk solder)dan kita bisa mendapatkan gondo rukem ini di toko besi sekitar kita,ada juga dengan cara mengerok  ujung solder namun hal ini tidak kami anjurkan karena akan mengikis/menipiskan lapisan perak pada ujung solder tersebut yang memang hanya tipis.
  4. Tips mempergunakan solder yang baik adalah kita sesuakan panas yang kita butuhkan tergantung tebal tipisnya main board krena kalau solder terlalu panas dan minboard hanya tipis,bisa mengakibatkan main board gosong/terbakar bahkan mengelupas,usahakan jangan terlalu lama kita menlekatkan solder dengn benda kerjanya,dan denga menggunakan/memilih solder yang baik maka pekerjaan kita sudah sangat terbantu karena akan lebih cepat dan profesional.
Rekomendasi kami solder atau mata solder yang baik adalah merk good/,masda,/dekko sedangkan untuk pembersihnya menggunakan gondo rukem yang harganya lebih murah namun menurut kami lebih maksimal dan bentuknya seperti terlihat pada gambar di sampingini.

Untuk memilih ujung/mata solder selain yang bagus juga sesuaikan dengan pekerjaan kita karena ukuranya ada yang besar dan kecil, dan pengalaman kami ini kami dapat dari info teman seprofesi dan dari pengalaman pribadi kami yang pada awal kami terjun ke dunia reparasi elektronika kami juga menggunakan solder atau mata solder yang murah/kurang baik,dan setelah kami mencoba ternyata memang benahasil pekerjaan lebih halus.main board tidak rusak dan pekerjaan selesai lebih cepat.

Kesimpulan kami Tips Memilih,Merawat Dan Menggunakan Solder dengan Baik Adalah satu paket karena kalau hanya beli solder yang baik kalau tidak kita rawat atau penggunaanya kurang hati hati juga sama saja akan cepat rusak,kiranya sampai di sini kami berbagi Dengan Anda tentang Tips Memilih,Merawat Dan mempergunakan Solder Dengnan Baik mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua amin selamt mencoba dan mempraktikkan SALAM SUKSES