Thursday, May 21, 2015

Cara Reparasi TV LCD Suara Dan Gambar Nomal Setelah 10 menit Warna Gambar Cenderung Hijau/Warna Merah Tidak Ada

Untuk menentukan kerusakan (trouble shooting) pada sebuah TV LCD maupun LED sebenarnya lebih mudah di bandingkan dengan trouble shooting pada TV tabung karena TV LCD maupun TV LED blog diagramnya lebih sedikit yaitu bagian power suply,bagian mpeg,dan bagian inverter, berbeda dengan blog diagram pada TV tabung yang masih banyak sekali blog diagramnya.

Kesulitan yang paling sering kita hadapi justru pada saat kita mencari sparepart penggantinya karena belum banyak di jual di toko toko elektronika,hanya station servis saja yang punya ,itupun banyak yang tidak menjual sparepart tersebut dengan alasan untuk kebutuhan sendiri,meski demikian mencoba reparasi TV LCD tetap lebih baik dari pada tidak sama sekali,karena kalau kita mencoba perhitunganya 50% tetapi kalau tidak ya 0%,untuk itu pada kesempatan ini kami akan berbagi dengan anda tentang Cara Reparasi TV LCD Suara Normal Warna Ganbar Cenderung Hijau/warna merah tidak ada seperti terlihat pada gambar di atas.

Kerusakan seperti ini kalau terjadi pada TV tabung kerusakan terdapat pada croma atau matrix(rangkaian vidio output yang terpasang pada tabung TV bagian belakang).
Pada kesempatan ini kebetulan TV yang sedang kami reparasi adalah TV LCD merk sony yang menggunakan power suply external jadi kita tidak usah melakukan pengecekan tegngan,karena kondisi TV juga masih nyala yang menandakan power suply normal.

Langsung saja kita mulai mereparasi dan sebelumnya kita persiapkan tempat yang rata dan terbebas dari benda benda keras seperti kerikil.baut dll yang bisa menggores bahkan memecahkan layar TV,selanjutny kita letakkan TV posisi tengkurap/posisi layar berada di bawah,kemudian lepaskan bautnya yang ada tanda panah pada bagian casingnya.

Setelah terbuka akan terlihat modul Mpeg dengan beberapa IC seperti terlihat pada gambar di samping,untuk menentukan kerusakan cukup kita raba satu persatu masing masing IC,perhatikan IC mana yang paling panas atau yang Paling cepat panasnya,atau panasnya berlebihan berati bagian itu yanga rusak,dan pegecekankami berhasil mendeteksi kerusakan yaitu IC paling besar yang terdapat pada modul Mpeg ini adalah IC yang paling panas.

Apabila mempunyai blower/solder uap panas coba IC yang kita duga rusak tadi kita blower karena untuk melakukan penyolderan dengan solder biasa tidak memungkinkan karena kecil dan rapatnya komponen.

Apabila setelah kita blower bisa normal berarti anda beruntung,kalau tidak berhasil berarti kita harus mengganti modul Mpeg dengan yang baru dengan merogoh kantong yang cukup dalam,itupun masih agak sulit untuk mendapatkan sparepart penggantinya,atau bisa juga mencari kanibalan TV LCD ke tempat teman teknisi kita.

Demikian pengalaman kami yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini tentang Cara Reparasi TV LCD Suara Normal Gambar Normal Setelah 10 menit Warna Gambar Cenderung Hijau/Warna Merah Tidak Ada mudah mudahan artikel kami ini bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih atas kunjungan anda.