Thursday, November 30, 2017

Cara Reparasi Mesin Cuci Satu Tabung Sanken Pengering Macet

Cara Reparasi Mesin Cuci Satu Tabung Sanken Pengering Macet Yang akan kami ulas di sini sebenarnya sering kali terjadi pada sebuah mesin cuci satu tabung pintu atas karena kalau pintu depan jarang sekali kasus ini terjadi bahkan bisa di katakan tidak pernah karena dari desainya memang sudah di persiapkan keamananya,sedangkan untuk mesin cuci 2 tabung juga jarang /tidak pernah terjadi.


Untuk langkah awal yaitu kita pastikan di mana letak erornya karena mesin cuci otomatis macet pengeringnya bisa terjadi dari banyak faktor antara lain dari otomatisnya(mainboardnya) bisa switch pintunya bisa water level indikator dan bisa juga dari motor dan gearboxnya.

Mesin cuci kami hidupkan dan kami coba untuk mencuci lancar tidak ada masalah ketika mau masuk proses pengeringan baru terlihat kalau mesin macet berarti motor masih ok ,kapasitor juga tidak masalah.

Langkah selanjutnya kami buka tutup pintunya untuk memastikan bahwa switch pintu juga ok sambil kita perhatikan dan ternyata ketika pintu di buka mesin posisi paus lalu kami tutup posisi mesin on dan terdengar suara berdengung dan ada getaran dari bodi mesin,jadi kesimpulan kami bahwa switch pintu masih bekerja dengan baik dan motor sebenarnya mau berputar dan tertahan sesuatu benda.

Langkah berikutnya kami melakukan pengecekan pada gearbox dengan membuka penutup belakang dan kita coba putar tabung dengan tangan ternyata tidak kuat,kesimpulan kami gearbox bermasalah namun sebelum kami membuka gearbox kami coba untuk meyakinkan apakah gearbox rusak atau tidak yaitu dengan cara kita buka penutup atas/dudukan pintu dengan membuka 4 baut,2 dari belakang dan 2 dari samping depan.

kemudian pulsator/kipas cuci kita lepaskan untuk mencari tahu permasalahan yang ada dan ternyata ada 2 coin uang 500 dan 1000,namun kami yakin ini bukan penyebabnya karena letaknya di bawah pulsataor ,sedangkan ketika mencuci pulsator masih berputar dan kami lihat ruang antara tabung dan pulsataor jaraknya lumayan jauh jadi tidak mungkin coin tadi mengganjal.

Selanjutnya kami berdirikan dudukan pintu dengan kondisi pintu tertutup lalu mesin kami hidupkan posisi spin,pada waktu mesin membuang air motor belum berputar kita gerakkan tabung mesin dengan arah kanan dan arah kiri untuk memastikan jika ada sesuatu benda asing yang mengganjal tabung sehingga gear box tidak mampu berputar,dan ternyata ada uang coin 1000 yang nyangkut di dinding tabung mesin sehingga mengganjal dan gearbox macet,dan ketika kami putar coin tersebut jatuh.

Ternyata biang keroknya coin yang nyangkut antara dinding tabung pengalaman semacam ini juga pernah kami alami namun bukan coin melainkan kaus kaki yang terlempar ketika pengeringan dan masuk ke celah dinding tabung mesin cuci.mudah bukan maka dari itu sebelum panggil tukang servis coba di lihat dulu apa penyebabnya namun kalau terjadi gangguan pada elektroniknya maupun mekaniknya memang agak rumit baru kita meyerah biar tukang servis yang tangani.

Demikian artikel singkat kami kali ini tentang Cara Reparasi Mesin Cuci Satu Tabung Sanken Pengering Macet mudah mudahan bermanfaat bagi kita semu ada kurang dan salahnya mohon maaf terima kasih dan wassalam.