Friday, November 24, 2017

Cara Membuat Carger HT Kenwood TK22


Haloo co konco pripun pawartosipun semoga kita selalu sehat dan dalam perlindunganNya kali ini kami akan berbagi pengalaman tentang Cara Membuat Carger HT Kenwood TK22 yang mana carger HT acalah salah satu piranti yang harus di miliki bagi penggemar komunikasi lewat radio/HT karena tanpa Carger apalah artinya sebuah pesawat HT ,karena tentu tidak bisa di bawa ke mana mana.

Pada postingan kami terdahulu pernah kami bagikan tentang cara membuat carger HT jingtong yang juga sederhana dan kompatible untuk hampir semua HT cina dan bisa untuk memodifikasi carger HT merk jepang yang sangat familiar di indonesia,untuk kali ini hanya ada sedikit perubahan dan perbedaan yaitu pada lampu indikator yang lebih akurat karena menggunakan 1 lampu led serie(merah dan hijau).

Seperti biasa kita langsung siapkan piranti yang di butuhkan antara lain
  1. resistor 33 ohm/1watt
  2. resistor 4k7   /0,5watt
  3. resistor 220 ohm/0,5watt
  4. lampu LED 2 warna(3 pin /ground tengah)
  5. dioda IN 4002 jumlahnya 4biji
  6. Travo  0~12volt minimal 1Amper
Setelah semua komponent kita siapkan kita mulai merakitnya bisa menggunakan papan circuit(pcb lubang atau pcb polos) atau tanpa papan karena komponen yang mau kita rakit hanya sedikit sambil kita lihat panduan dengan sekema diagram di bawah ini.

Setelah selesai di rakit kita bisa langsung memasangkan output carger ke dudukan HT seperti di gambar di atas  atau bisa juga tanpa dudukan dengan cara output carger kita pasangi japit buaya untuk di japitkan langsung ke pin baterai pada HT.

Cara membaca indikator lednya adalah jika carger tidak terpasang baterai lampu menyala merah dan jika terpasang baterai maka lampu menyala orange /tengah tengan antara merah dan hijau dan ketika baterai penuh maka led indikator menyala merah seperti kalau tidak terpasang baterai.

OH iya rangkaian ini juga kompatible untuk semua HT cina dan HT merk lain kecuali untuk HT dengan catu daya baterai 4,7 vol namun rangkaian ini tetap masih bisa di gunakan untuk HT dengan catu daya baterai 4,7 volt caranya adalah kita sesuaikan input tegangan travo dari 12 v0lt menjadi 6 atau 7volt saja.

Bagaimana sob gampang kan ayo sama bikin Carger HT Kenwood TK22 ini dengan mencarger HT menggunakan rangkaian ini lebih aman karena ada otomatisnya ketika baterai penuh lebih aman untuk HT kesayangan kita dan baterai juga tidak cepat rusak karena tidak over carger,bahkan HT bisa kita tancapkan terus di carger dan sewaktu kita butuhkan selalu siap stanby.

Demikian yang dapat kami bagikan tentang Cara Membuat Carger HT Kenwood TK22 mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungan sobatku semua di blog kami yang sederhana ini,dan tunggu artikel kami berikutnya salam sukses/