Monday, August 3, 2015

Cara Merakit ESR Meter Sendiri Dengan Biaya Murah Mudah Dan Pasti Jadi

Artikel kami kali ini adalah Cara Merakit ESR Meter Sendiri Biaya Murah Mudah Dan Pasti Jadi,kenapa kami memilih artikel ini untuk kami bagikan kepada anda pada kesempatan kali ini??tentu kami punya alasan yang kuat untuk berbagi yaitu sangat pentingnya sebuah alat ukur dengan nama ESR meter (Equivalent Series Resistance) bagi para teknisi/tukang servis elektronika,apa lagi saat ini komponen elektronika semakin kecil sehingga dengan menggunakan ESR meter akan lebih mudah dan lebih cepat dalam kita memeriksa pekerjaan kita.

ESR meter ini berbeda dengan capasitas tester,cara kerja ESR meter adalah mengukur hambatan/resistance sambungan antara komponen yang ada pada sebuah capasitor saat pembuatan,semakin kecil nilai ESR sebuah capasitor berarti semakin bagus kualitas sebuah capasitor tersebut,idealnya nilai ESR sebuah capasitor adalah nol namun kualitas capasitor yang ideal sangat susah kita dapatkan,kebanyakan capasitor yang beredar di pasaran nilai ESRnya mendekati nol(0,0...).

Menurut kami ESR ini bisa di katakan wajib bagi tukang servis/teknisi elektronika karena dengan alat ini sangat membantu pekerjaan kita,dengan menggunakan ESR kita bisa mengukur/mengecek capasitor langsung pada pcb tanpa harus melepas capasitor dari pcb dengan catatan capasitor terhubung seri,sesuai dengan namanya Equivalent Series Resistance,karena ESR meter ini ketika kita gunakan untuk mengukur resistance sebuah capasitor yang terhubung paralel maka yang akan terbaca adalah capasitor yang masih bagus sedangkan capasitor yang rusak tidak terbaca.

OK langsung saja kita mulai menyiapkan komponen yang kita butuhkan yaitu VU meter,pcb lubang, untuk ic, beberapa resistor dan capasitor seperti yang terlihat pada gambar skema di samping dan bahan utamanya yaitu IC N555 yang biasa kita gunakan untuk timer atau triger lainya,IC ini berfungsi untuk membangkitkan frekuensi sekitar 100khz yang kemudian di searahkan dengan dioda.

Di bawah ini adalah gambar skema ESR yang kita buat kali ini sangat sederhana dan semua componen mudah di dapat di toko elektronika sekitar kita,tidak sampai rp50.000,-kita sudah bisa membuat dan memiliki ESR meter.

Untuk covernya kita bisa menggunakan box polos A3 yang di lubangi sesuai dengan besar kecilnya VU meter yang kita gunakan dan seperti terlihat pada gambar di atas,dan ESRmeter buatan kita sendiri sudah siap beraksi membantu  mempercepat pekerjaan kita.

Adapun cara pengukuranya adalah ketika switch kita onkan maka jarum pada vu meter menunjuk ke angka nol merah,setelah ke dua kabel/colokan kita hubungkan ke capasitor capasitor apa bila jarum VU mendekati angka -20 ke kiri berarti capasitor normal dan apa bila jarum VU mendekati nol merah atau tidak bergerak sama sekali berarti capasitor rusak.

Untuk mengukur capasitor yang terhubung paralel kita lepas salah satu dari capasitor tersebut,yang satu bisa di ukur dalam pcb sedangkan yang lain di ukur di luar pcb.

Mudah bukan teman??sebenarnya ESR meter ada yang menggunakan IC TL 067 atau yang lain namun setelah kami perhatikan yang paling sederhana dan paling mudah mencari komponennya juga cara merakitnya adalah yang menggunakan IC N555 ini.

Demikian artikel kami kali ini tentang Cara Merakit ESR Meter Sendiri Dengan Biaya Murah Mudah Dan Pasti Jadi mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua dan kami akan selalu berbagi dengan anda karena kami kami berfikir orang yang sukses adalah orang banyak memberikan manfaat bagi orang lain terima kasih wassalamu'alaikum.