Tuesday, February 24, 2015

Cara Paling Sederhana Dan Mudah Reparasi/Modifikasi Charger HT

Pada zaman ini di era teknologi yang semakin canggih dengan berbagai kemajuan yang sangat pesat,maka tidak heran kalau peralatan elektronika juga menjadi salah satu proyek yang di kembangkan oleh perusahaan perusahan elektronika kelas dunia,termasuk salah satunya adalah Handy Talkie(HT).

Seiring dengan perkembangan teknologi HT juga juga tidak kalah  berkembang dari mulai fitur yang semakin lengkap,bentuk yang semakin kecil sehingga lebih mudah dan nyaman di bawa ke mana mana,konsumsi baterai yang semakin hemat(hemat energy)dan masih banyak lagi perkembangan demi perkembangan mengikuti perkembangan teknologi.

Dengan adanya berbagai macam perkembangan dampak positifnya banyak sekali bagi pengguna HT namun demikian ternyata dampak negatifnya juga ada,terutama bagi para teknisi yang semakin tinggi tingkat kesulitan dalam perbaikan/reparasi HT karena fitur yang semakin banyak dan dimensi/bentuk yang semkin kecil,suku cadang(spare part)juga semakin sulit di dapat.


Tapi teman teman dan sobatku semua tidak usah kuatir,di mana ada kemauan di situ ada jalan .
Pada kesempatan ini kami akan mengulas masalah Charger HT yang mana perangkat ini juga sering sekali mengalami kerusakan,di karenakan sering di pergunakan untuk mengisi baterai.

Seperti terlihat pada gambar di atas sebuah charger HT yang ternyata komponennya mikro semua pol polnya kita bisa mendeteksi kerusakanya namun belum tentu komponen yang rusak tersebut bisa kita dapatkan di toko toko elektronika di sekitar kita,tapi bagai mana teman ?apakah akan kita buang carger yang rusak tersebut??mau beli baru?dengan harga yang cukup mahal menurut saya diatas rp100.000,-.

OK lansung saja kita siapkan komponent yang akan kita gunakan untuk memodifikasi carger HT antara lain;

  1. resistor 2kohm
  2. resistor 100 ohm
  3. resistor 33 ohm /1watt
  4. led merah 
  5. led hijau

Ok kita langsung ke poin saja,jangan di buang Charger HT yang rusak tersebut  kami berikan solusinya hanya dengan uang 3000 rupiah sampai 5000 rupiah saja charger rusak tersebut bisa di gunakan kembali,,caranya potong rangkaian dengan cutter kemudian siapkan resistor 33ohm/2watt dan 100ohm/0,5watt,selanjutnya buatlah rangkaian seperti terlihat pada gambar di bawah ini ini,untuk led indikator tetap menggunakan aslinya rangkaian kalau tidak rusak.
Carger ini sama dengan yang lain cara membaca led indikatornya yaitu led merah adalah indikator kalau power sudah on sedangkan led hijau akan nyala apa bila ada beban yang terhubung(batetrai tersambung)dan led hijau mati ketika baterai penuh.

Bagai mana sobat??cukup mudah bukan?dan murah meriah he...he...he...kaya rumah makan aja,rangkaian ini bisa di gunakan untuk charger HT merk apa saja dan aman, termasuk untuk carger handphon(HP) cukup menyesuaikan input dari rangkaian tersebut.

Demikian sedikit pengalaman dan pengetahuan kami tentang Cara paling sederhana dan mudah reparasi/modifikasi charger HT mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua wassalam