Monday, February 15, 2016

Cara Reparasi TV Polytron Minimax Gambar Nomal Suara Tidak Ada

Dalam hal reparasi elektronika terutama TV kita akan selalu menjumpai hal hal baru baik kerusakan dan juga cara untuk menyelesaikanya karena perkembangan teknologi yang sangat cepat sehingga kita harus selalu mengikutinya dan terus belajar agar tidak ketinggalan,untuk itu pada kesempatan ini kami akan berbagi tentang pengalaman baru kami yaitu Cara Reparasi TV Polytron Minimax Gambar Normal Suara Tidak Ada.

Kerusakan TV pada bagian suara/audio sebenarnya banyak kita jumpai dalam praktik mereparasi namun kali ini agak berbeda,pengalaman kami yang palig banyak kami jumpai adalah kerusakan bagian suara karena speaker mati atau IC power audio yang mati atau catu daya/tegangan untuk power audio tidak ada karena rusaknya resistor/dioda/elco pada bagian ini.

Pengalaman kami kali ini mereparasi TV Polytron Minimax pada awalnya  mati stanby kemudian kamilacak untuk menhidupkan TV ini seperti biasa untuk TV polytron type ini sama dengan polytron 123 yaitu tegangan 5 volt untuk catu daya pada program terganggu langsung saja kami ganti beberapa elco pada bagian tersebut yaitu C 512-C517-C518 dan C519 masing masing nilainya adalah 100mf,biasanya elco pada bagian ini pada menggelembung akibat panas berlebih setelah kita ganti langsung saja kita coba nyalakan TV.

Apabila belum mau hidup periksa dioda D505 posisinya dekat dengan C 512 biasanya diodanya besar seperti dioda 6A dan biasanya ketika kita tes dengan multi tester maka dioda tersebut terlihat masih bagus(tidak putus ,tidak bocor ataupun short)namun sebenarnya dioda tersebut rusak maka jalan keluarnya langsung saja di ganti dengan yang baru.

Yang perlu di perhatikan untuk penggantian dioda ini tidak bisa sembarang dioda,gantilah dioda ini dengan dioda kacang,karena dioda kacang ini lebih kuat dan tahan panas setelah kami ganti dioda D 505 dengan dioda kacang  Tv langsung hidup dan yang terjadi adalah suara tidak ada.

Di bawah ini adalah gambar dioda kacang yang banyak di gunakan pada TV lama dan yang paling banyak menggunakan adalah merk digitec polytron dan TV lama lainya bentuknya bulat kecil warna putih mirip kacang dan pada ujungnya ada garis hitam melingkar.

Kita mulai Ke topik kita yaitu Cara Reparasi Tv Polytron Minimax Gambar Normal Suara Tidak Ada pertama kali tentu kita cek speaker setelah di pastikan speaker ok langkah selanjutnya kita cek tegangan suply pada IC power audio apabila tegangan normal kita cek I power audio dengan ara kita sentuh pin Input dengan obeng kecil bila ada suara duut duut pada speaker berarti IC ok.

Langkah berikutnya kita tes audio output pada panel belakang berdekatan dengan audio input caranya jamper audio output ke input IC audio dan ternyata Suara ada namun
tidak bisa di kontrol dengan Program(suaranya kencang tidak bisa di kecilin) berarti audio dari sound IF normal dengan demikian kesimpulan kami terjadinya gangguan adalah pada bagian speaker protektor atau muting audio.

Kerusakan seperti ini juga sering terjadi pada TV merk lain dan pengalaman kami penggantian transistor protektor tidak membuahkan hasil,sebagai solusinya transistor kami lepas untuk TV polytron minimax adalah Tr 214 dan Tr 215 (untuk speaker L R) setelah transistor kami lepas suara terdengar normal dan bisa di kontrol dengan program namu ada sedikit gangguan yaitu ketika TV di onkan akan terdengan grrook karena tugas transistor mutting kita lepas yang fungsi nya untuk me mutting saat TV on kekuranganya hanya itu saja selebihnya ok.

Untuk TV merk lain kekuranganya ketika TV di pindah chanel ada suara ggrrok,rangkaian rangkaian protetor semaam ini memang sangat sensitif terkadang kita kesulitan untuk mengatasinya,karena dengan penggantian semua komponent pada bagian ini juga tidak bisa menyelesaikan masalah karena kerusakan juga munkin terjadi pada IC program.

demikian pengalaman kami tentang Cara Reparasi TV Polytron Minimax Gambar Normal Suara Tidak Ada mudah mudahan pengalaman kami kali ini bisa memberikan inspirasi dan bermanfaat bagi kita semua terima kasih salam sukses