Monday, September 7, 2015

Cara Membuat CDI Motor 4Tak Dengan Mudah Dan Murah

Sebenarnya artikel yang akan kami update kali ini sangat singkat yaitu tentang Cara Membuat CDI Motor 4Tak Dengan Mudah Dan Murah namun sebelumnya kami akan bercerita awal mulanya kami membuat CDI Motor sendiri mungkin di antara sobat semua ada yang mengalami hal yang sama seperti kami mudah mudahan ini bisa menjadi inspirasi dan solusi yang tepat.

Pada awal tahun 2000 pas tahun baru hampir bersamaan dengan hari raya 'idul fitri selisih 2 hari kami pergi ke sukoharjo jawa solo jawa tengah untuk bersilaturaohim pada teman dengan menggunakan motor PITUNG(Honda 70)atau ada yang menjuluki pletuk yang aslinya motor ini sistim pengapianya masih menggunakan Platina namun karena pada waktu itu baru rame ramenya teman pada merubah sytem platina ke CDI maka kamipun ikut ikutan merubah sistem pengapian motor kami dengan sitem CDI.

Setelah beberapa saat ternyata pengapian motor kami malah bermasalah setelah itu kami beralih ke bengkel lain dan ahirnya ketemu permasalahanya dan motor tidak bermasalah lagi alias lancar jaya,dengan demikian kami PD sekali memakai motor tersebut untuk jalan jalan ke sukoharjo namun ternyata pada waktu mau pulang ke jogja motor mogok dan tidak bisa di starter,padahal tgl merahnya beberapa hari dan bengkel/toko onderdil juga pada tutup.

Ahirnya kami bermalam di sukoharjo sampai 3 hari nunggu toko/bengkel buka setelah di cek oleh bengkel ternyata yang rusak CDInya,setelah ganti CDI kami langsung pulang ke jogja dan di rumah sudah ada orang yang ngambeg hadehh..jatuh tertimpa tangga jadinya.

Tidak berhenti di sini ceritanta karena selang beberapa hari CDI mati lagi karena kami penasaran dan juga agak jengkel CDI yang rusak kami bongkar dan kami catat apa saja isinya dan konstruksinya termasuk kami cek apanya yang rusak dan ternyata yang sering rusak adalah capasiton milar 1,5mf,kemudian kami ganti dengan capasitor yang baru ternyata CDI yang mati Bisa Berfungsi kembali("CDI bukan ori').

Denagan adanya pengalaman kami ini ahirnya kami membuat sendiri CDI yag memang sangat murah jauh lebih murah di bandingkan beli di toko meskipun tidk ori,kamipun membuat CDI tidk hanya satu bahkan 3 unut untuk jaga jaga yang selalu kami taruh pada motor pitung kami,dan ternyata memang benar filing kami hampir setiap bulan kami mengganti CDI.

Di bawah Ini adalah sekema CDI untuk motor 4Tak kususnya untuk motor motor lama seperti motor honda grand  dan sebelum nya,sangat sederhana dan sangat murah untu kita rakit sendiri dan yang di lingkari merah adalah kapasitor 1,5mf  yang sering rusak.
Setelah kami cukup lama menggunakan CDI buatan sendiri ahirnya dapat CDI ori dari punya motor astrea 800 dari klitikan dengan harga sama dengan CDI baru tidak ori dan ternyata awetnya bukan main sampai motor kami jual gak pernah ganti ganti CDI lagi.

Bagaimana kangmas mbakyu cukup sederhana kan,?? dan sangat murah insa alloh tidak sampai rp 20.000,- kita sudah bisa membuat CDI sendiri mudah mudahan artikel kami kali ini yang mengulas tentang Cara Membuat CDI Motor 4Tak Dengan Mudah Da Murah semoga dapat bermanfaat selamat mencoba dan terima kasih wassalam.