Tuesday, July 14, 2015

Cara Reparasi TV LCD Remot Control Tidak Berfungsi

Kali ini kami akan berbagi tentang Cara Reparasi TV LCD Remot Control Tidak Berfungsi,dan ternyata kerusakan seperti ini beberapa kali kami jumpai dari TV LCD dengan merk yang berbeda beda,dan kali ini kami akan memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan ini dengan sedikit modifikasi dan tentu dengan biaya yang sangat murah.

Pada TV LCD sebagai penerima sinyal dari remot ada yang menggunakan sensor seperti pada TV tabung ini kita tentu lebih mudah untuk mengatasinya karena komponent yang kita butuhkan sangat mudah kita dapatkan di toko elektronik di sekitar kita namun ada sebagian lagi yang menggunakan sensor dengan menggunakan komponent yang banyak seperti terlihat pada gambar.


Untuk sensor remot jenis ini biasanya yang rusak adalah lampu sensornya saja namun untuk mengganti sensor remot ini harus mengganti 1 blok yang harganya pasti lebih mahal di bnding dengan sensor biasa pada TV tabung,itupun masih harus inden alias menunggu 4 hari sampai seminggu.

Pernah kami mengerjakan TV sharp dengan kerusakan remot tidak berfungsi dan kami ganti dengan sensor biasa ternyata tidak bisa,ahirnya sensor aslinya kami potong jalurnya dan kami cari input remotnya dan tegangan 5 volt serta groundnya dan sensor biasa kami pasang langsung ke input remot dari mainboard ternyata berhasil,tentu dengan biaya yang sangat murah dan cepat,tidak perlu inden.

Cara untuk mencari input remot adalah dengan kita baca tulisan/nomer komponent pada TV tersebut atau bisa kita ukur tegangan dengan multi tester,cari tegangan 5 volt kemudian cari input remot dengan tegangan sekitsr 3 volt/kurang dari 5 volt ,setelah ketemu kita pasang sensornya sesuai dengan karakter pin nya jangan kebalik ya seperti gambar di samping.

Selanjutnya TV kita nyalakan dan kita coba remotnya dan berhasil,intinya kita harus menemukan input remot(biasanya dalam pcb di tulis IR),kalau input remot masih bekerja/masih ada tegangan sekitar 3 volt kemungkinan cara ini berhasil karena kami pernah menjumpai TV LCD merk changhong dengan kerusakan remot control tidak berfungsi setelah kami cari IRnya ternyata sudah tidak bekerja/tidak ada tegangan 3 voltnya,ini berarti kerusakan pada IC micro controler yang ada pada main board yang berarti harus ganti 1 modul utuh.

Sebagai solusi yang kami berikan pada user kami sarankan untuk di pasangi TV combo dan TV LCD tersebut di fungsikan sebagai layar Monitor saja,dengan solusi ini pengeluaran jadi sedikit/lebih hemat 500%.

Demikian artikel yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini tentang Cara Reparasi TV LCD Remot Control Tidak Berfungsi mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua dan trima kasih atas kunjungannya ke blog ini ,salam sukses.