Saturday, July 25, 2015

Cara Memasang/ Moddifikasi Remot Control Pada TV Lama Belum Remot

Cara Memasang/Modifikasi Remot Control Pada TV Lama Yang Belum Remot sebenarnya tidak terlalu sulit hanya perlu sedikit membaca skematik IC program suatu TV,ada sebagian TV yang menuliskan data pin ICnya secara lengkap,namun ada juga yang polos tidak ada sama sekali tulisan data pin ICnya,untuk yang ada datanya lengkap itu semakin mempermudah pekerjaan kita karena kita tidak usah mencari skema dan meneliti.

Pada kesempatan ini kami akan berbagi dengan anda tentang Cara Memasang/ Modifikasi Remot Control pada TV Panasonic Lama yang Belum ada fasilitas Remotnya.

Pada zamannya TV ini di produksi sekitar tahun 90an sebagian TV di jual dengan remot dan sebagian tidak tentu dengan selisih harga sehingga ada sebagian yang membeli dengan remot ada sebagian lagi yang tanpa remot mengingat nilai rupiah pada saat itu memang masih tinggi sehingga selisih harga yang tidak terlalu banyakpun di perhitungkan oleh produsen ataupun konsumen.

Sebagian TV yang belum ada fasilitas remot control ini saat ini masih eksis dan biasanya orang orang yang fanatik dengan merk tertentu masih di pertahankan keberadaanya,untuk itu kita memberikan solusinya agar TV panasonic lama ini bisa di operasikan dengan remot control,yaitu dengan di pasangi sensor dan kita belikan remotnya.

Langsung saja untuk langkah awalnya kita mencari posisi input remotnya biasanya dalam pcb di tulis IR,untuk TV panasonic alfa gold posisi input remot berada pada IC program pin 9 seperti terlihat pada gambar,setelah ketemu sambungkan pin 9(IR) ke sensor infra red pada posisi IR,kemudian Ground sensor di hubungkan ke ground TV,dan kita cari tegangan 5volt dari IC 7805 kemudian kita sambungkan ke catu daya sensor(vcc).

Setelah sensor infra red terpasang dengan benar kemudian kita coba operasikan TV dengan Remot control,apa bila remot sudah berfungsi berarti pemasangan remot kita kali ini sudah berhasil,tinggal penyempurnaan dan finishing.

Untuk meletakkan sensor biasanya TV seusia ini sudah di sediakan tempat pada casing bagian depan berdekatan dengan tombol program dan plastiknya sudah di bikin transparan agar sinar infra red bisa masuk melalui plastik transparan tersebut,seperti tampak pada gambar ini,namun ada sebagian yang plastik tempat sensornya terbuat dari plastik bukan transparan sehingga kita perlu membuka plastik tersebut agar sinar infra red bisa masuk  dan TV bisa di operasikan dengan remot control.
Untuk remotnya karena kalau beli aslinya sudah tidak ada maka sebagai penggantinya adalah remot universal/remot serba guna seperti gambar di samping,untuk TV panasonic alfa gold kodenya untuk set remot adalah 022,bagaimana sob ??mudh sekali bukan,??dan kini TV panasonic yang belum ada fasilitas remotnya kini sudah bisa di operasikan dengan remot.

Sampai disini dulu kami berbagi tentang Cara Memasang/Modifikasi Remot Control Pada TV Lama Belum Remot mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua dan bisa membantu bagi yang membutuhkan selamat mencoba dan,terima kasih atas kunjungannya kita ketemu lagi dalam topik yang lain dan kami tunggu kedatangan anda kembali salam sukses.