Sunday, April 26, 2015

Cara Reparasi Speker Aktif Kerusakan Suara Berdengung Sampai Menutupi Input Audio


Sebuah speker aktif adalah sound sistem dengan kapasitas ruang untuk memenuhi kebutuhan kita misal ;untuk memutar musik ,untuk rapat /pertemuan rt dan kebutuhan lain tentu juga dengan kapasitas ringan.

Sepeti terlihat pada gambar di samping ini adalah sebuah speker aktif dengan kapasitas daya 80watt dengan sebuah speker berdiameter 8" dengan rangkaian yang sederhana dan simpel yang cocok untuk di gunakan di ruangan kecil.

Dengan kondisi yang serba ringan dan simpel tentu penggunaanya juga harus disesuaikan karena banyak yang memutar musik dengan menggunakan speker aktif sampai over sehingga berakibat rusaknya power pada speker aktif tersebut dan di sini kami akan berbagi tentang cara memperbaiki speker aktif yang rusak hanya berdengung saja sapai menutupi suara musik yang kita putar.


Kerusakan suara berdengung ini ada 3 kemungkinan saja caranya langsung saja kita buka penutup belakan g dengan melepaskan baut bautnya,selanjutnya kita mulai memeriksa komponen yang ada langkah yang harus kita kerjakan yaitu;

  1. Apabila berdengungya sampai menutup habis suara musik berarti kerusakanya terjadi pada power amplifier,dan yang paling sering mengalami kerusakan adalah bagian final/transistor final yang terletak di bagian pling belakang dari rangkaian power dan transistor tersebut nempel pada sebuah plat aluminium yang berfunsi sebagai pendingin,lepas dan ganti transistor power tersebut.
  2. Atau bisa juga terjadi kerusakan pada bagian drifer atau bufer dari rangkaian power ampli tersebut,apa bila kerusakan terjadi pada bagian ini maka gantilah satu kit power ampli karena kalau mau memperbaiki butuh waktu lama dan njlimet karena komponennya banyak dan kecil kecil.
  3. Speker aktif yang rusak ada dengungan keras tetapi suara musik masih terdengar 50/50 berarti kerusakan terletak pada bagian power suply karena tegangan DC yang di hasilkan dari penyearah dioda masih keruh(tercampur dengan tegangan AC) dalam hal ini kerusakan biasa terjadi pada capasitor/elco yang kering atau bocor,caranya ganti elco dengan yang baru atau bisa juga salah satu dioda bridge ada yang short,ganti dioda bridge dengan yang baru.


Di samping ini adalah gambar speker aktif yang telah kami buka penutup belakangnya,dengan komponen yang sangat sederhana dan simpel dengan daya 80watt dan speker berdiameter 8".

Demikian artikel singkat kami kali ini tentang  cara reparasi speker aktif dengan kerusakan berdengung sampai menutupi input audio atau suara musik mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua dan bisa membantu bagi yang membutuhkan terima kasih.